Dongeng Interaktif Mang Idon


Setelah setahun lamanya hanya bisa menyaksikan foto-foto melalui media sosial ketika Mang Idon sedang mendongeng, akhirnya kemarin saya menyaksikan sendiri keseruan mendengarkan dongeng interaktif Mang Idon.

Apa sih Dongeng Interaktif ? adakah tipe dongeng tersebut dalam ilmu mendongeng ? Nah, saya sebenarnya bukan seorang ahli dalam menjelaskan hal ini, apalagi saya sendiri bukan seorang pendongeng profesional, hmm, bahkan pendongeng amatir pun bukan. Sebagai seorang pendidik anak usia dini yang pernah magang di Daycare, KoBer, PAUD, TK sampai SD (hehe, magangers ceritanya) saya memahami bahwa Dongeng adalah salah satu cara untuk menyampaikan suatu cerita kepada anak-anak. Bentuknya beragam, bisa dengan monolog dimana si pendongeng menggunakan beragam jenis suara, ada juga yang menggunakan media seperti boneka atau lagu atau gitar atau gambar seperti Pak Raden!. Nah Dongeng Interaktif yang disampaikan Mang Idon ini cukup berbeda karena melibatkan pendengar untuk menjadi tokoh dalam cerita tersebut.


Kemarin di Lapak Minggu Hayu Maca, Mang Idon membawakan dongeng tentang Si Macan yang di tipu oleh seekor ular, sang ular meminta makanan macan dan berjanji akan mengembalikan makanan tersebut dua kali lipat setelah dua bulan. 

Namun ketika dua bulan berlalu, sang ular menolah memberikan dengan alasan yang cukup menyebalkan, "Aku kan akan mengembalikan setelah dua bulan, coba kamu lihat ke atas, bulannya masih ada satu ! nanti aku kembalikan setelah dua bulan:"

Si Macan bersedih karena merasa tertipu oleh si ular, ia pun meminta bantuan teman-temannya yang lain di hutan. Ada si Gajah, jerapah, kodok, kupu-kupu, burung, landak dan biantang lainnya. Setelah terus bertanya, akhirnya mereka menemukan solusi agar ular mau mengembalikan makanan Macan.

Seru kah dongengnya ? Banget !!!
Dongeng Interaktif ini, selain mengajak anak untuk tambil berani kedepan, mengasah kepercayaan dirinya, juga ampuh untuk menghidupkan suasana. Anak-anak yang lain biasanya suka heboh ketika temannya maju mengenakan kostum lucu, yang lebih heboh, orang tua yang mengantarkan anak-anaknya. :) 

Dongeng Interaktif juga bisa menjadi salah satu cara untuk menyampaikan sebuah cerita, gagasan atau nilai-nilai kepada anak-anak. Nah, penasaran seperti apa serunya Dongeng Interaktif Mang Idon ? Yuk mampir ke Lapak Minggu Hayu Maca, atau hubungi Hayu Maca lewat sosial media Facebook Hayu Maca / Instagram @hayumacaofficial untuk mendapatkan jadwal Dongeng di Lapak Hayu Maca. Kamu juga bisa menghubungi kami jika tertarik untuk mengadakan dongeng di sekolah atau komunitasmu ! Sampai jumpa kembali !

Salam Hangat.





2 comment

  1. Assalamualaikum, salam kenal salam silaturahmi teh Asry... akhirnya saya menemukan blog teteh 😀

    Teh Asry, boleh minta kontak WA? Saya mau sharing perihal kegiatan literasi di Cimahi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Teh Audrey, salam kenal juga.
      Untuk kontak silakan lewat email ya :) asrisudarmiyanti@gmail.com atau contact.hayumaca@gmail.com, nanti kita bisa betukar nomor WA lewat email. Terimakasih.

      Hapus

leave yout comment here :)