Menggambar, Menulis dan Matematika

Kalau dipikir pikir, tugas gambar saya untuk anak anak ada banyak sekali, hampir tiap tugas ada menggambar nya, di jurnal baca aja ada satu kotak kecil mereka harus gambar apa yg mereka baca dr buku

Ada ceritanya sih dibalik itu, waktu kuliah jurusan pendidikan sy pernah baca artikel tentang pentingnya keseimbangan matpel gambar sama matpel lainnya, karena sy pakai tematik, gampang banget untuk nge blend setiap Subject sama tugas menggambar.

Tapi kenapa sih menggambar segitu pentingnya?  Hampir semua gagasan dan inovasi baru dimulai dari dua hal : 1. Tulisan dan 2. Gambar!!  Leonardo da Vinci menggambar kan semua penemuan penemuannya dan banyak penemuan lain yg diawali dr sebuah gambar, dr blueprint, arsitek juga mau bikin bangunan gambar dulu kan :)

Menulis juga punya porsi penting, tapi mereka harus pandai membaca dulu, pandai membaca bukan berarti bacanya lancar, tp paham terhadap apa yg mereka baca, serta sedikit demi sedikit menjadikan baca sebagai kebutuhan. Itu kenapa jurnal baca jadi buku wajib yg di #kelasbuasri, dari situ mereka bisa mengevaluasi berapa buku yg mereka baca dalam kurun waktu tertentu, dan dari catatan mereka saya bisa mencari tahu sejauh mana pemahaman mereka terhadap suatu bacaan.

Kedua hal ini akan sangat saya tekankan di kelas, walaupun bahasanya beda, cara paling simple mengajak mereka menulis adalah membawa Buku buku yg dia dapat si jadi film. "Lihat kan, kalau kalian bisa menulis dengan baik, ceritanya menarik, orang akan tertarik, buku kalian bisa dibuat film".

Bagaimana dengan matematika dan ilmu lainnya?

Itu sama pentingnya kok :)  saya akan dengan sangat jujur mengakui kalau matematika, bahasa dan menggambar memiliki porsi yg sama dikelas saya, semua sama pentingnya, sedangkan sisipan ipa, ips dan pkn ada didalam 3 ilmu diatas tadi.

Ps : ini tadinya mau saya jadikan caption di salah satu foto di Instagram tapi karena kepanjangan jadi dimasukkan ke blog :) 

0 comment

leave yout comment here :)