Funventure di Ampera

FUNVENTUREEEE !
Tahukah kamu apa perbedaan paling mendasar ketika mengajar dan tinggal di desa dengan mengajar dan tinggal di kota ?

Ketika mengajar di Cimahi lalu, kota kecil yang sebenarnya ga kota-kota amat hehe, saya selalu meluangkan satu hari dalam beberapa waktu mengajar anak-anak belajar di luar sekolah. Dulu saya punya series Funventure, biasanya saya mengajak anak-anak keluar ke sawah atau jalan-jalan di perumahan sekitar sekolah. Antusiasme anak-anak setiap keluar huaahhh besar sekali. Biasanya saya kabarkan sehari sebelum funventure, daaan, keesokan harinya anak-anak membawa bekal yang cukup banyak. 

Nah, sekarang, ketika saya tinggal dan mengajar di desa, desa yang letaknya di atas bukit, diapit banyak gunung, dengan letak geografis yang cukup jauh dari desa lainnya dan pusat kecamatan, desa dimana sinyal telefon tidak mudah ditemukan, apalagi sinyal internet!, desa dimana listrik hanya menyala selepas magrib hingga jam sepuluh malam. Hiburan bagi warga desa terutama anak-anak tentunya adalah petualangan mereka di desa. Petualangan mereka di kuala mantul dan petualangan mereka di hutan-hutan yang tak jauh dari tempat keluarga mereka berladang.


Beberapa waktu lalu, saya mengajar anak-anak mengunjungi Air terjun Paka, well, lebih tepatnya saya mengajak, tapi anak-anak yang menunjukkan jalan. Beberapa anak baru pertama kali juga datang ke air terjun ini. Jadi saya ditemani oleh Bu Un, teman guru di desa dan beberapa remaja SMP yang membuka jalan, karena treknya sulit sekali dilewati.

Perjalannya tentu seru sekali. Amat sangat berbeda dengan funventure yang pernah saya lakukan sebelumnya. Saya melihat anak-anak berusaha membunuh ular yang melintas di sungai, saya melewati jalanan hutan yang kalau saya masih mengajar di tempat mengajar dulu, saya tidak akan berani mengajak anak-anak saya kesana. 


Namun skill survival anak-anak saya di desa juga luar biasa, saya merasa aman sepanjang perjalanan. Hampir seluruh anak mampu melindungi dirinya sendiri, saya juga memang hanya mengajak anak-anak laki-laki kelas 4 keatas, masih belum merasa aman mengajar yang kecil-kecil.

Sampai disana, anak-anak langsung berenang mandi di air terjun. Saya ? cuma foto-foto kelakuan ajaib mereka sambil makan cocolatos di bebatuan. (Saya harus bisa berenang di banggaiiiii !!!!). 

Hari itu ajaib sekali deh. Funventure paling menantang yang pernah saya lakukan bersama anak-anak,

0 comment

leave yout comment here :)