Halo Oktober! #30DWC14


Mengawali hari kerja pertama dengan bekerja dari Kafe yang cukup menyenangkan.

Kali ini saya ingin menuliskan salah satu challenge #30DWC tapi acak, tak lagi berurut. Karena saya ketinggalan dan mulai keteteran untuk mengejar satu persatu, jadi saya akan pilih yang memang sedang relevan saja dengan apa yang ingin saya ceritakan. Salah satunya adalah prompt hari ke-14. Goals saya dalam 1 bulan kedepan. Goals saya sepanjang Oktober. 

Oktober 2022 akan jadi bulan yang super duper unik dan akan sulit saya lupakan, karena ini untuk pertama kalinya saya pindah kerja tanpa ada jeda libur atau transisi. Bahkan hitungannya saya masih kerja di dua tempat (karena pakai jatah cuti untuk early offboard di tempat kerja sebelumnya). Jumat masih kerja untuk kantor lama, Senin sudah kerja di tempat baru. 

Jadi goals saya satu bulan kedepan cuma satu: adaptasi. 

Adaptasi di kantor baru, adaptasi dengan jadwal kerja baru, adaptasi dengan roles baru, adaptasi dengan superior baru, adaptasi dengan peers baru, kenalan dengan semua stakeholder baru, dan memahami apa yang sebetulnya akan saya kerjakan kedepannya. 

Dulu, saya selalu percaya diri untuk bilang kalau saya adalah orang yang adaptif. Cukup baik dalam menanggapi perubahan-perubahan yang terjadi. Tapi sekarang ketika saya semakin tua, walaupun orang bilang belum tua-tua banget karena saya masih punya satu tahun jatah sebelum akhirnya menginjak kepala tiga, saya semakin menikmati berada di zona nyaman, saya suka rutinitas yang jelas, saya suka hari-hari yang mudah ditebak. Mungkin faktor lainnya yang membuat saya punya kecenderungan baru tersebut adalah karena peran saya sebagai seorang ibu. 

Pindah kerja dan punya roles baru di tempat kerja ini, lumayan 'keluar dari zona nyaman' saya. Bahkan lebih berat dari ketika saya dulu pindah kuliah ke Sumatera padahal saya SMA di Jawa, atau ketika saya ikut program mengajar di Sulawesi setahun lamanya. Mungkin dulu saya tidak benar-benar merasa keluar dari zona nyaman karena saya tahu bahwa tempat-tempat yang saya pilih (kampus, program ngajar dan kepemimpinan) akan membawa saya belajar jadi diri saya yang lebih baik dan banyak memberikan benefit-benefit baik secara pengetahuan maupun materi untuk saya nantinya. 

Di tempat kali ini, bukan materi yang benar-benar jadi tujuan utama saya. Dan saya meninggalkan tempat kerja yang luar biasa spesial, memberikan hak-hak pegawainya dengan fair, memberikan asuransi kesehatan yang luar biasa bagus!, pun meninggalkan kesempatan untuk promosi di tahun mendatang. 

Kali ini, saya cukup tertarik dengan misi yang dibawa tempat kerja baru saya. Saya percaya dengan apa yang sedang dilakukan oleh tim ini. Saya juga ingin jadi satu orang, satu bagian kecil yang terlibat untuk perubahan di bidang yang amat-amat menarik buat saya. Sekarang saya belum bisa cerita banyak, tapi saya harap saya bisa banyak berbagi tentang apa yang sedang saya kerjakan saat ini di blog. 

Semoga kepercayaan saya terhadap misi ini bisa membuat saya tetap bisa adaptif di tempat kerja baru ya! 

--

Saya sedang ikutan Tantangan 30 hari menulis yang diinisiasi @readingsummary
Kamu bisa ikutan juga loh dengan bergabung di grup telegramnya disini.

2 comments

  1. Membaca ini mengobati kerinduanku sama kak As

    BalasHapus
  2. Aku bisa relate dgn keinginan utk berada di zona nyaman seiring kita bertambah tua. Dulu2 aku juga kutu loncat tp skrg2 kayak ada rasa takut gitu klo mau pindah kerja lagi 😂😂

    BalasHapus

leave yout comment here :)