Bacaan Asri Paruh Pertama Februari 2021

Pagi di Cimahi Februari ini masih dingin sekali, Mas Har yang lebih sering menghabiskan hidupnya di tempat-tempat panas sekarang tidak bisa tidur tanpa jaket, selimut dan kaos kaki. Sementara saya yang besar disini, malah merindukan rasa dingin ini. Jarang sekali saya mengenakan jaket kecuali ketika keluar rumah (wajib itu mah!). Tapi kalau pagi-pagi begini, sambil baca atau menulis, jendela rumah pasti saya buka, asyik sekali merasakan udara pagi. 


Februari kali ini saya mau mulai rutin membagikan daftar buku-buku yang saya baca. Ada yang sudah selesai dibaca dan ada yang belum tapi tetap saya bagikan dengan harapan saya bisa makin terpacu untuk menyelesaikan buku tersebut. Karena memang bukunya ingin saya selesaikan (entah karena misi pribadi atau kata orang haha, kata orang bukunya bagus!).

Buku yang saya baca di Paruh Pertama Februari 2021


Saya menghabiskan waktu cukup lama membaca Atomic Habit, Review tentang buku ini bisa dibaca melalui link berikut ya: Review Atomic Habit. Non-fiksi memang selalu makan waktu lama buat saya. Mungkin karena saya terlalu imaginatif sementara buku-buku non-fiksi jauh dari kata itu hehe. Tapi seru! 

Di deretan buku fiksi, saya membaca karya Tere Liye: Negeri Para Bedebah. I know! it's a bit late to read this book in 2021 dan bukan! saya bukan baca ulang! beneran baru baca pertama kali. Saya menghabiskan waktu dua hari, waktu yang sama persis dengan Thomas menyelesaikan masalah-masalah Bank Semesta :) Meninggalkan 4 dari 5 bintang di Goodreads, baca di Gramedia Digital sampai tengah malam. Seru ya rasanya kembali membaca fiksi petualangan. 

Satu lagi buku yang saya baca adalah The Time We Walk Together karya Lee Kyu Young. Alasan baca bukunya: ILUSTRASINYA. Yap, ini buku ilustrasi yang digambar dan ditulis oleh orang yang sama. Bacanya: Giunggggg banget! berasa nonton Drakor yang isinya cinta-cintaan melulu. Tapi ilustrasinya bagus. Ini saya curiga buku ini adalah hadiah 'persembahan' Kyu Young untuk pasangannya, karena hanya memuat yang baik-baik dari hubungan mereka hehe. 

Baca Buku Anak di Awal Februari


Nah kalau ini, sebuah usaha saya dan Mas Har mengenalkan anak kami pada buku bahkan sebelum lahir, sehari baca satu buku atau satu dongeng atau satu cerita. Karena buku anak harganya lumayan banget ya! haha. Saya dan Mas Har memilih membaca via Gramedia Digital, aplikasi Let's Read atau Literacy Cloud. Buku anak saya semuanya sudah pindah tempat ke Hayu  Maca. Nanti kalau anak kami sudah lahir ya cicil-cicil beli buku anak yang memang bagus dan berkualitas, sambil rajin pinjam buku ke Hayu Maca hehe. 

Yang Sedang Dibaca di Februari 2021


Nah saya punya misi menyelesaikan tiga judul buku ini di Februari. Misi? Iyaaa haha. Satu buku Bringing up Bebe adalah misi membaca perspektif parenting dari seorang Ibu Amerika yang mengamati pola pengasuhan ala Prancis. Ini saya cukup senang bacanya, rasanya seperti baca jurnal si penulis, dibawakan dengan gaya bercerita yang dilengkapi dengan pendapat para ahli. 

Kedua buku Measure What Matters, tentang per-OKR-an yang harusnya sudah selesai saya baca karena niatnya mau jadi tambahan referensi sebelum visioning Hayu Maca akhir Februari ini, tapi apadaya love-hate relationship saya dengan buku non-fiksi memang kuat sekali yaaaa. Merasa terpacu baca karena mau tambah ilmu, tapi otak saya gak sekinclong itu untuk baca non-fiksi cepat-cepat haha. Bahkan membaca non-fiksi bisa jadi menyenangkan saja sudah progress yang lumayan buat saya, jadi yaaa, pelan-pelan. 

Terakhir buku fiksi nih. Laut Bercerita karya Leila S. Chudori. Fiksi yang cukup tenar, diskusinya dimana-mana, bahkan #SelasaBahasBuku juga rasanya sudah pernah membahas buku ini. Saya dapat salinan/Buku fisiknya bulan lalu hehe, hadiah bantu teman bikin logo untuk usahanya. Waktu cek, di Gramedia Digital juga ada ternyata. Tapi gak apa, gak pernah nolak buku fisik yang berkualitas! Haha.

--- 

Nah sekian list bacaan saya diparuh pertama Februari. Apakah akan ada paruh kedua dan ketiga atau hanya paruh kedua saja? Saya sendiri belum tahu! Hehe. Bahkan bisa membaca dan menuliskan apa yang saya baca ditengah kesibukan bekerja saat ini saja rasanya senang sekali!!!!

Memang benar ya istirahat yang cukup dan jam tidur teratur amat berpengaruh pada produktivitas dan bagaimana tubuh bekerja. Sejak mulai membenahi pola tidur di awal tahun, I never feel this good! Dan sejujurnya, gak nyangka bisa baca dan cicil baca sebanyak ini di awal Februari!

Jadi, teman-teman sedang dan sudah baca buku apa saja Februari ini? Bagikaaaan doooong, aku mau tau kalau ada rekomendasi bacaan bagus lainnya!

0 comment

leave yout comment here :)