Ini warna apa ?

Songkhla Diary No.4 
Thai traditional games : Mother Snake
Saya sudah seminggu mulai magang jadi teacher assistance di Sebuah Daycare. Rasanya aneh mengajar anak-anak dimana mereka tidak mengerti apa yang kita ucapkan dan begitu pula sebaliknya. Tapi toh saya tida memegang materi utama, tetap sebagai asisten, tugas saya tiap pagi adalah mengecek kesehatan semua anak dan membantu menyiapkan materi dan media. Di hari pertama magang, anak-anak hanya sekedarnya melihat saya, mungkin mereka pikir saya hanya sedang melakukan observasi sehari lalu pergi, di hari berikutnya mereka mulai menyadari kehadiran saya, beberapa bahkan mengajak saya mengobrol, dan saya hanya bisa bengong karena tidak bisa menjawab pertanyaan mereka.
Guru di Carp Fish Group, kelas saya mengajar, adalah Acan Tip. Sebenarnya ia tak begitu fasih bahasa Inggris, tapi mengerti beberapa bahasa Inggris dasar dengan vocab seadanya, yang membantu adalah kemampuannya berbahasa Melayu :) Jadi kami bisa saling mengerti saat merencanakan pembelajaran di kelas.
Magang di TK memang paket komplit, bukan hanya dapat ilmu pedagogik tapi juga budaya lokal.

Di Hari berikutnya saya telah prepare dengan beberapa kata yang pasti selalu digunakan di setiap PAUD di seluruh dunia, hanya bahasanya yang berbeda. Kata-kata tersebut adalah warna :). Malamnya saya telah menghafal beberapa warna dalam bahasa Thai. serta sebuah kalimat tanya 'ini warna apa' dalam bahasa Thai. Saya coba bertanya kepada anak-anak tersebut dan mereka mengerti :) menjawab, bahkan bertanya balik, kami mulai dekat semenjak saya bisa basa-basi bertanya ini warna apa.
Semenjak itu saya jadi rajin menghafal beberapa kata, menanyakannya kepada mereka, walaupun ketika mereka bertanya balik saya masih tak bisa menjawab. Tapi anak-anak juga mengerti, biasanya ketika mereka minta tolong kepada saya, mereka sertai dengan gerakan tangan dan bahasa tubuh yang ikut bicara.
Ping
Saya hanya berharap dalam dua minggu ini saya bisa belajar banyak kata baru yang bisa saya gunakan dikelas. Pasti menyenangkan bisa mengobrol dengan anak-anak yang super imut itu dengan bahasa yang saling dimengerti.

2 comment

  1. aaaah asri, aku suka banget anak2, pengen banget kerja sikelilingin anak-anak. enak deh bisa magang gitu deket anak-anak. iri hihi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhe jurusan aku kan emang pg. paud mel :) jadi kerjanya ya sama anak2 gitu

      Hapus

leave yout comment here :)