Jurnal Karantina 1 - Apa yang harus dilakukan jika terkena COVID-19 varian Omicron?



Awal Cerita

Jadi, setelah dua tahun sejak COVID-19 masuk Indonesia, melewati gelombang awal dengan lockdown yang menegangkan, suami hampir kehilangan pekerjaan, melewati persalinan di masa COVID gelombang Delta sedang cukup tinggi... Kami (Saya, Mas Har dan Derana) pekan ini merasakan virus ini bersemayam di tubuh kami. (Setidaknya saya, karena hasil tes Mas Har dan Derana belum keluar).

Saya pertama kali mengalami gejala meriang, panas dingin dan agak pusing serta sempoyongan di hari Rabu sore. Sebelumnya, Ibu dan ketiga adik saya lebih dulu sakit. Rumah kami dekat dan saya setiap hari bolak-balik rumah-rumah Ibu supaya Rana banyak yang ngasuh selama saya kerja. Tapi sejak Senin ketika semuanya sakit, saya mulai bekerja dari rumah saya.

Kamis dan Jumat saya izin kerja, gejala saya makin mirip gejala COVID-19, pusing, demam tinggi, meriang, diare, muntah, batuk berdahak, hwadaw deh semua jadi satu. Satu hal yang saya syukuri: Mas Har dan Rana baik-baik saja. 

Kamis saya sempat ke RS untuk tes PCR di Rumah Sakit terdekat dari rumah, sayangnya pelayanannya kacau sekali. Saya diminta menunggu di ujung Rumah Sakit (di area luar), padahal hujan, saya bawa Rana pula, 2x saya dan Mas Har bolak balik ke tempat screening petugas tak kunjung datang, akhirnya saya pergi, tidak jadi tes. Padahal niatnya kan mau bayar cashless pakai kartu asuransi kantor, hiks- ada-ada saja drama RS baru ini. Sudah dua kali saya dibuat menunggu, yang pertama gak tanggung-tanggung sampai 2 jam, waktu Rana masih berumur 3 hari. 

Jumat, saya pesan layanan PCR ke rumah, tes dengan gejala yang tidak berkurang, malah menjadi, saya mulai masuk Flu berat. Sayangnya hasil tes tidak bisa keluar di hari yang sama, karena yang tes sedang banyaaaak sekali. 

Saya membatalkan agenda datang ke pernikahan seorang sepupu, saya dan keluarga lebih tepatnya. Kami takut kami positif dan menularkan virus ini ke semua orang. Pukul tiga sore, hasil saya keluar: Positif, seperti yang saya duga. Saya langsung membuat status di WA dan medsos, mengingatkan beberapa orang yang kontak erat dengan saya, jika memiliki gejala, untuk segera tes juga. 

Apa yang harus dilakukan Jika kamu terkena COVID-19 varian Omicron?

1. Berkabar pada orang-orang yang kontak erat dengan kita. Saya langsung mengabarkan keluarga saya yang memang kontak erat setiap hari dengan saya, dan karena mereka duluan yang sakit, saya yakin ada dari mereka juga yang positif.

2. Lapor RT! Ini penting! Kalau konteksnya tinggal di kampung seperti saya, bukan apartment atau komplek besar, lapor RT bisa membuat Bapak/Ibu RT aware terhadap kondisi warga, kondisi saya dan bisa memberi alert untuk warga lain juga agar berhati-hati.

3. Lapor Satgas COVID-19 Kecamatan. Coba cari lewat instagram puskesmas kecamatanmu! saya juga dibantu adik saya menemukan kontaknya lewat Instagram, nantinya Hotline akan mengarahkan ke petugas. Petugas saya baik dan sangat komunikatif, amat membantu pokoknya. Namanya Bu Wiwin. Bu Wiwin mendata kontak erat dan KK kami, serta meminta kontak erat untuk Swab PCR di Puskesmas di hari Senin (Saya lapor Sabtu sore, dan puskesmas libur). Selain satgas, ada juga petugas lainnya yang jadi health assistance saya, saya mendapat seorang Bidan dari Puskesmas, ia nanti akan bertanya gejala, obat yang kita konsumsi dan akan menyiapkan obat yang dibutuhkan dari Puskesmas. 

4. Konsultasi Tele-Medicine. Bisa pakai aplikasi apa saja, saya pakai Halo-Doc, nanti pilih dokter Covid-19, Dokter akan memberikan resep sesuai keluhan kita. Dan mengarahkan kita untuk mengupload resep tersebut di platform kemenkes: https://isoman.kemkes.go.id/tebusresep. Tebus resep di kemenkes hanya bisa dilakukan kalau hasil tes PCR/Antigen kamu terintegrasi dengan aplikasi Peduli-Lindungi. Jadi pastikan tempat tesnya sudah terintegrasi ya!

5. Lakukan tebus resep di website kemenkes. Dari 5 resep saya, 3 diantaranya bisa di tebus gratis (sudah paket di box). Saya upload Sabtu Malam, Minggu jam 10 datang diantar SiCepat. Khusus layanan tebus resep ini hanya berlaku di Jawa dan Bali ya. Nanti obat akan diantar dari Kimia Farma yang ditunjuk Kemenkes. 

6. Jangan lepas masker. Minum obat sesuai anjuran. Dalam kasus saya yang masih menyusui dan harus menyusui lebih intense agar anak saya imunnya lebih kuat, saya pakai masker 24 jam termasuk ketika tidur (dilepas hanya ketika makan), begitu juga dengan suami saya. 

7. Istirahat yang cukup. Berlebih juga boleh kayanya. Saya sendiri percaya kalau masa ini adalah masa Allah nyuruh saya untuk full istirahat. Jadi saya juga akan lanjut cuti sampai benar-benar sembuh dan gejala hilang. 

8. [Untuk Ibu Menyusui] TETAP SUSUI ANAK! Ini anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia ya, ada lebih banyak manfaat tetap menyusui daripada mudhorotnya, kecuali mungkin pada kasus-kasus tertentu.

9. Tetap tenang! Kebanyakan kasus Omicron tidak seberat Delta kecuali memiliki penyakit lainnya (comorbid) atau lansia. Nah untuk yang tidak kena, jaga diri jangan keluar dulu kalau ga perlu ya, terutama jika di rumahmu ada comorbid atau lansia!

Doakan kami semua lekas pulih ya! Doakan juga kami sabar melewatinya.

Saat ini Rana melewati fase Demamnya (Kamis Malam - Sabtu Siang). Tapi Mas Har baru masuk fase menjelang flu berat (meriang dan pegal-pegal. Saya sendiri di fase flu berat, batuk sangat-sangat-sangat berdahak, ingus tak berhenti mengalir dan mampet terus terusan. 


0 comments

leave yout comment here :)