Tentang Dongeng

Once upon a time . . .
Pada suatu waktu . . .
Di sebuah kerajaan yang makmur . . .

Dongeng 1
Kalimat-kalimat tersebut adalah beberapa kalimat favorit anak-anak saya di kelas. Mereka sangat suka sekali mendengarkan dongeng, saya sendiri awalnya tidak terlalu suka mendongeng, saya tidak penah merasa menjadi pendongeng yang baik, tapi semuanya berubah ketika saya mendongeng di kelas pertama kali. Saya bercerita tentang asal mula cerita seribu satu malam, daaaan, kelas saya yang biasanya selalu ribut tiba-tiba senyap, semuanya mendengarkan cerita saya dengan seksama dan saya juga menjadi percaya deiri menggunakan bahasa dan ekspresi yang berupa ketika bercerita. Sejak saat itu saya jadi sangat suka mendongeng di kelas. 

Dongeng 2
Semester genap lalu saya mulai mendongeng sambil membawa buku-buku cerita anak yang menarik, salah satunya adalah seri Harry Potter. Saya kira anak-anak tidak akan terlalu tertarik mendengar cerita ini, tapi ternyata mereka sangat antusias mendengarnya, bahkan mampu menghafal beberapa nama-nama tokoh yang cukup sulit disebutkan. Setidaknya setiap hari saya menyiapkan waktu 30 menit untuk melanjutkan cerita Harry Potter, kadang sambil menggambar di papan tulis, sambil duduk lesehan di lantai, berkumpul di meja besar di belakang, atau melingkar di dekat pojok baca dikelas kami. 

Rasanya senang sekali bisa menceritakan salah satu petualangan paling seru didunia. Beberapa dari mereka tertarik untuk membaca bukunya. Jadi tukang dongeng ternyata seruuuu sekali :) walaupun begitu saya masih harus banyak belajar dan membaca banyak dongeng untuk diceritakan kepada anak-anak. Oh iya di Sekolah PRIMA, Pak Donny yang mengajar kelas 5 dan kelasnya persis disebelah kelas 2, sangat jago sekali mendongeng, saya sering mendengarkan diam-diam ketika Pak Donny mendongeng di kelas 5 dan anak-anak juga sangat suka sekali mendengarkan dongeng dari Pak Donny.

Dongeng juga ampuh sekali untuk meningkatkan kemampuan berbahasa mereka, beberapa kali saya minta gantian mereka yang mendongeng, oh iya beberapa anak-anak di kelas saya juga sangat potensial untuk menjadi tukang dongeng yang kece :) nanti saya share yaa cerita tentang dongeng selanjutnya :)

Dongeng 3

0 comment

leave yout comment here :)