Rekomendasi Taman di Bandung #1: Taman Maluku


Perjalanan pertama setelah bebas isoman dan negatif COVID-19: Bandung. Sebagai warga Bandung coret, sayang rasanya gak mengajak Rana keliling taman-taman di Bandung yang banyaaaak sekali pilihannya +taman-teman di Bandung masih banyak yang rindang. 

Kali ini, saya dan suami mengajak Derana ke Taman Maluku. Jujur tadinya mau main ke Taman Balaikota Bandung, tapi sedang tutup karena dijadikan tempat vaksin COVID. Keliling sedikit mau ke Taman Lalu Lintas, tapi juga tutup 😂. Kami sudah pasang maps mau lanjut ke Taman Lansia dekat Gedung Sate, eh lewat satu belokan, ada Taman Maluku yang langsung bikin jatuh hati karena: Rindang sekaliiiiiii. 


Kami baru pertama kali ke Taman Maluku. (Bahkan baru tahu ada Taman Maluku). Mungkin selama ini pernah lewat tapi kurang ngeh. Letaknya tidak jauh dari Taman Lalu Lintas, beda satu blok saja, ada di persimpangan jalan Maluku dan Jalan Aceh. Lokasi tepatnya bisa dicek di Google Maps ya teman-teman! tapi memang ada di pusat kota sekaliii. 

Waktu lihat Taman Maluku, saya langsung teringat Taman Suropati di Jakarta. Tempat favorit saya selama merantau disana. Ternyata Taman Maluku sama nih kaya Taman Suropati, dibangun Belanda di tahun 1900an. 

Sebelum menulis artikel ini saya sempat membaca-baca sekilas artikel terkait Taman Maluku yang banyak diberitakan mistis di artikel-artikel tersebut :')))) sediiiihhh, karena ketika kesana sama sekali gak kerasa kesan mistisnya. Mungkin dulu ya sebelum revitalisasi terasa seperti itu. Tapi ketika kami main kesana kemarin banyak sekali orang yang juga sedang menikmati kerindangan taman ini seperti kami.

Kami bahkan bertemu anak-anak SMA yang bawa kartu sedang main remi seru-seruan di Taman. Belum lagi yang paling menyenangkan dari taman ini selain rindang adalah: banyak sekali kursi. Jadi banyak yang juga sedang makan siang. 


Ada juga Playground untuk anak yang lumayan seru kalau kamu bawa anak yang sudah bisa jalan dan cukup "dalam pengawasan" ya, kalau seperti saya dan suami yang bawa Rana, ya harus ditemani full hehe. Soalnya mainannya agak bahaya euy :') seru ada putar-putaran, prosotan dan ada semacam monkey ladder, tapi bawahnya bukan pasir/tanah, jadi gak kebayang bahayanya kalau anak-anak jatuh. Ada juga ayunan di bagian terpisah, yang ini tidak kami coba karena agak panas gak serindang tempat mainan putar-putaran. 

Oh iya, untuk parkir juga enak. Kami bawa motor yaa tapi hehe bukan bawa mobil. Ada tempat parkir dan tukang parkir di beberapa titik jadi aman untuk ditinggal. Kalau lapar juga bisa beli cuanki atau batagor di sekitar Taman. 


Untuk ukuran Taman Kota di Bandung, Taman Maluku Maluku asyik sekali. Rindang apalagi kalau keluar di hari yang terik, sejuk banget disana Kebersihannya juga lumayan terjaga, tapi dibeberapa titik tetap nemu sampah :'( plus kamu juga mungkin akan menemukan orang dewasa tidak bertanggung jawab yang merokok di taman (padahal di tempat anak loh! bawa anaknya!). Tidak ada satpol PP/petugas taman yang bisa ditemui juga untuk lapor. Seru buat mampir dan sekalian piknik di beberapa titik kursi. Kursi-kursinya juga jauhan kok! jadi aman di masa COVID-19 ini :). 

Karena ini bagian dari petualangan kami mengelilingi Taman-taman di Bandung. Kami akan berikan rating singkat dari Taman ini yaaa:

Taman Maluku Bandung

Lokasi: https://goo.gl/maps/9KckTeYUVxUDAbkU9 
Overall Rating: 7 dari 10 bintang
Kebersihan: 7 dari 10 bintang
Kerindangan (banyaknya pohon): 9 dari 10 bintang
Fasilitas untuk anak playground): 6 dari 10 bintang
Fasilitas umum toilet/mushola): tidak mencoba
Biaya masuk: free
Akses kendaraan: tersedia (motor)/ mobil kurang tahu
Biaya Parkir: 2.000 atau seikhlasnya

0 comments

leave yout comment here :)