Review Asri - Sad Cypress | Mawar Tak Berduri karya Agatha Christie

 


Saya sebetulnya bukan penggemar lama Agatha Christie, saya ingat pertama kali membeli buku Agatha Christie di tahun 2015 karena bundlenya didiskon 100.000an saja di Gramedia Bandung tapi baru benar-benar membaca Agatha Christie di tahun 2021 ketika pandemi. 


Karena waktu itu belum pernah baca sama sekali buku-buku Oma, saya malah dengan ringannya membagikan buku-buku ini kepada siapapun yang meminta haha! Sekarang ketika mulai membaca dan mengoleksi karya Oma malah jadi sedikit menyesal (astagfirullah As!) haha bukan karena apa siiih, tapi karena menumpulkannya kembali jadi agak susah nih hihi. Tapi yaa memang sama Allah dikenalkan karya oma (benar-benar baca maksudnyaa) di waktu yang tepat. Sekarang ketika secara finansial sudah lebih lowong buat jajan-jajan buku Oma. Walaupun teteeep jajannya yang diskonan HAHA!

Buku Agatha Christie yang saya beli di Desember 2022

Pertengahan tahun 2022 dan akhir tahun 2022 ketika Gramedia diskon lumayan banyak buku Oma dengan harga 30% dari harga asli, saya beli semua yang diskon ga pakai mikir :'). Kapan lagi kaan ya. Satu bukunya ga ada yang lebih dari 20.000 saja harganya. 

Sekarang tahu-tahu saya sudah punya hampir 30 judul Buku-buku Agatha Christie di rumah. 

Tahun ini, tepatnya mulai Januari 2023 saya perdana ikutan #ReadChristie2023, sebuah tantangan membaca buku-buku Agatha Christie. Listnya dikeluarkan oleh website resmi Agatha Christie. Berikut list bacaan dari #Readchristie2023 tahun ini:


Menarik sekali untuk diikuti mengingat saya kadang belum terlalu banyak tahu karya-karya Agatha Christie, padahal bukunya ada banyaaak sekali. Jadi bisa sekalian membantu ngebabat TBR. Oiya, walaupun ada buku-buku yang sudah ditentukan, sebetulnya kalau kita sudah baca ga harus baca buku tsb, tapi bisa stick ke tema bulanan, biasanya nanti ada rekomendasi buku lainnya untuk topik di bulan tersebut. 

Sad Cypress

Nah, sekarang kita masuk ke review. Topik bulan ini adalah tentang Jealousy. Karena saya belum pernah baca Sad Cypress, saya langsung pilih buku judul utama buat bulan ini. 

Sad Cypress memang pas sekali masuk ke tema kecemburuan. Buku ini bercerita tentang kisah cinta yang rumit dengan bumbu-bumbu harta warisan didalamnya (atau malah kebalik ya hah kisah tentang harta warisan yang dibumbui kisah cinta rumit). Yah begitulah.

Tokoh utama dalam buku ini yang sejak prolog dikisahkan menjadi terdakwa pembunuhan adalah Elianor Carlisle. Seorang perempuan muda dari London yang sudah bertunangan dengan cinta pertamanya Rodecick Welman atau Roddy. Sejak awal digambarkan kalau cinta Elianor pada Roddy jauh lebih besar daripada cinta Roddy pada Elianor. 

Elianor punya seorang bibi yang kaya raya dan sakit-sakitan, bibinya ini menikah dengan paman Roddy. Jadi semua orang berpikir, ketika bibinya wafat, mereka berdua yang akan mewarisi semua kekayaan bibinya. Siapapun yang mendapatkan, toh pada akhirnya akan menikah juga. 

Eh, ketika menjenguk bibinya, Roddy bertemu sosok Mary Gerard. Anak penjaga kebun di rumah bibinya yang amat disayangi bibinya. Elianor pernah mendapatkan surat kaleng untuk berhati-hati akan ada sosok perempuan muda yang pandai mengambil hati dan bisa-bisa bibinya menyerahkan semua harta warisan kepadanya alih-alih Elianor dan Roddy. Mereka berdua tahu surat itu merujuk pada Mary Gerard. Namun diam-diam, Roddy rupanya jatuh cinta pada Mary. Dan dari sana ketegangan bermula.. 

Membaca buku ini rasanya memang seperti membaca romance rasa misteri alih-alih sebaliknya. 

Analisis Poirot

Hercule Poirot hadir dibuku ini. Ia hadir atas undangan dr. Peter Lord, dokter Mrs. Welman. Ia diam-diam naksir Elianor pada pandangan pertama ketika bertemu Elianor di rumah bibinya. Lord percaya kalau bukan Elianor pembunuh Mary Gerard (Oh iya, Mary Gerard memang tewas dan ini bukan spoiler. Ini ada di prolog pendahuluan halaman pertama buku ini yang mengambil setting Elianor di pengadilan). 

Poirot tidak mau percaya Lord begitu saja. Ia bertanya terkait semua kemungkinan, semua motif. Siapa saja yang diuntungkan saat Mrs. Welman wafat, juga saat Mary meninggal dunia. Ia pada akhirnya bertemu dengan semua orang yang terlibat dalam kasus ini. Dua perawat yang merawat Mrs. Welman dan dekat dengan Mary: Suster Hopkins dan Suster O'brien, Roddy, Ted Bigland--Pemuda desa yang naksir Mary, dan Elinor sendiri. 

Menarik sekali bagaimana Poirot memperlakukan semua informasi, ia bahkan menganggap kebohongan adalah informasi yang berarti karena ia adalah awal dari banyaknya kebenaran yang akan mengungkap kasus. 

Pada akhirnya Poirot bisa menemukan siapa yang sebenarnya membunuh Mary kok! Tapi tidak akan saya ceritakan disini supaya tidak spoiler. 

Ada yang sudah pernah membaca buku ini juga? bagaimana pendapat kalian tentang buku ini?


0 comments

leave yout comment here :)