Loy Krathong, The Moon and Me

Krathong
Minggu lalu, tepatnya tanggal 17 November ada sebuah festival tahunan di Thailand. Namanya Festival Loy Krathong. Sebenarnya ini ritual pemeluk agama Budha, mereka membuat krathong, semacam perahu dari pelepah pisang yang dihias dengan bunga-bunga indah di atasnya. Karena ini festival setahun sekali kami, anak-anak kampung yang jarang melihat cahaya-cahaya indah (hhe lebay) berangkat untuk melihat langsung.
Hampir tiap tempat sungai atau danau yang bisa dijadikan tempat melepas krathong pasti ramai didatangi orang. Kami sendiri memutuskan untuk pergi ke Klong Hae Floating market di Hat Yai.
Klong Hae Floating Market, Hat Yai
Floating Market
Memang keren sih, jujur awalnya saya kira ini semacam tradisi/budaya setempat, bukan ritual agama budha, jadi kami berlima semuanya membeli krathong 20 bath, padahal hanya 1 sari kami yang beragama budha, ketika ikut antri melayarkan krathong, ada kakek-kakek yang memanggil dan berbicara dalam bahasa melayu, saya agak kagok kurang mengerti memanggil teman saya, si kakek malah bicara pakai bahasa inggris, intinya "kamu muslim, tapi ikut melayarkan krathong. good". Oh ternyata dia memuji saya yang dipikirnya memiliki toleransi tingkat tinggi. Padahal dalam hati saya ketar-ketir, bolehkah dalam islam melakukan ini ? tapi tergantung niatnya kan. Insya Allah.
Loy Krathong
The Krathong

Usai melepas kepergian krathong-krathong kami, kami membeli lampion, bersama warga lain melepas lampion ke angkasa. Langit indah sekali malam itu, karena Loy Krathong memang dilaksanakan pada bulan purnama. Untuk melepas lampion butuh kesabaran sendiri, agak ceroboh sedikit bisa-bisa lampion kita terbakar dan gagal terbang. Kami membeli satu krathong dan mendapat satu free (nemu yang beterbangan), di lampion kedua, kami menulis semua harapan kami.
Set the fire
Full Moon
Jadi pengalaman tersendiri malam-malam di negeri orang lihat padang bulan, saya ingat terakhir kali bulan begitu indah waktu itu sedang diatas motor bersama seorang sahabat, fenomena ketika bulan lebih besar dan terlihat lebih dekat ke bumi, kemarin memang bulan purnama biasa yang sebenarnya bisa dinikmati tiap bulan, tapi tetap saja. Indah.

Ready to fly the Latern

Look all the Latern
This one is taken in Songkhla

2 comment

  1. lampionnya indah... entah kenapa kalo denger thai, bangkok, aku ingetnya juga lampion, selain gajah sama patung-patung budhanya, berharap bisa nginjakin kaki ke Thailand. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii iya emang banyak patung budha dimana-mana :) ayo ke thai mel, tapi kalo ke bangkok jangan sekarang sih lagi rusuh :D

      Hapus

leave yout comment here :)