Pengamatan Tumbuhan, kelas 2 goes to sawah

Akhirnya saya menepati janji saya ke anak-anak, pergi jalan-jalan belajar ke luar  sekolah. dan minggu ini hari selasa lalu saya membawa anak-anak belajar di sawah. Sempat agak was-was sih karena masih belum hafal jalan sekitar permana, tapi hari sebelumnya saya sudah minta peta ke sawah dan anak-anak juga ternyata sudah sangat hafal jalan ke sawah yang dituju. Hiraki dan Faris menjadi ketua rombongan yang tugasnya menunjukkan jalan, mereka juga membaca peta yang telah saya siapkan.

Hansa & Aby gandengan sepanjang jembatan 1,5 meter :) how sweet

Tema belajar minggu ini masih tentang lingkungan rumah, dan salah satu kompetensi dasar di bidang sains yang harus dicapai anak adalah anak-anak mengenal bagian-bagian tumbuhan serta mampu mendeskripsikannya dalam bentuk lisan dan tulisan.

Dijalan, banyak sekali pohon yang kami temui, tapi saya hanya bisa menjelaskan di tempat-tempat sepi tisak di jalanan raya atau di tempat ramai orang, karena suara saya pasti kalah dengan suara anak-anak dan suara lainnya. Alhasil, saya menjelaskan di kebun pisang milik warga, tentang pohon pisang dan bagian-bagiannya, sisanya saya menjelaskan tentang pohon bambu, labu dan padi.

Wownya, saya baru tahu kalau trek jalan ke sawah ini beberapa turunan dan tanjakannya sudah seperti miniatur trek mendaki dan turun gunung cikuray (haha, asli !) jadinya saya was-was sekali memperhatikan anak-anak, beberapa anak agak takut-takut untuk turun awalnya, terutama anak perempuan, tapi subhanallah yaa anak-anak tolong menolongnya super sekali, hiraki juga berhasil memandu teman-temannya dengan sangat baik, perjalanan ke sawah pun berjalan dengan lancar. Belajar keluar lingkungan sekolah memang bukan hanya untuk belajar apa yang bisa dilihat diluar, tapi juga melihat sikap anak-anak dan kesigapan mereka terhadap apa yang mereka hadapi diluar, mengasah empati mereka adalah salah satu tujuan pembelajaran diluar kelas.
How Rio hold bagir and Rafif offering his hand to bai :)
Empathy !!
Hiraki help Faris so did Fathur to Hansa
Setelah selesai berputar-putar, saya meminta anak mengerjakan 2 LK yang saya sediakan, satu lembar pengamatan tentang kegiatan yang mereka lakukan dan satu lembar untuk menggambarkan tumbuhan yang mereka amati.
So much fun outside


Time to record their observation




draw the trees
Waktu yang digunakan sebenarnya sudah mepet sekali dengan waktu istirahat sekolah, saya sudah siap-siap mau mengajak anak-anak kembali ke sekolah, mereka malah merengek minta jalan lebih jauh ke saung yang lebih bawah. Karena waktu yang sudah habis saya akhirnya menyudahi pembelajaran di sawah dan kembali ke sekolah. Sampai sekolah, anak-anak lanjut istirahat, kembali lari-lari sedangkan bu gurunya sudah mojok, duduk selonjoran dan menarik nafas panjang sambil berpikir pasti suara saya habis lagi besok (taunya suara saya benar serak lagi sampai hari ini :P)


time to go back

4 comment

  1. pada jadi anak sawah ni mbak.

    BalasHapus
  2. Makasih bu karena blognya update terus..jd tau kegiatan anak di skolah sehari2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. it's okay bun, memang sudah tugas saya :)

      Hapus

leave yout comment here :)