Instagram-an di kelas [ceritanya]

captioning
Hari jumat ini, seperti yang pernah saya ceritakan di postingan 17-an, saya meminta anak-anak membuat caption foto 17-an di sekolah prima kemarin. Setiap anak mendapat 3 foto yang telah diacak dan diminta untuk menceritakan kejadian atau memberikan komentar. captioning. Sebelum menuliskan captionnya, anak-anak dengan seru mengulang cerita tentang lomba kemarin. Yang tidak masuk waktu lomba juga mendapatkan cerita dari foto tersebut.

Saya sendiri memikirkan kegiatan ini karena terinspirasi dengan aplikasi yang saya buka setiap hari hhe, instagram, sering saya mendengar istilah satu foto sejuta cerita, emmang benar sih, tapi ada kalanya akan lebih baik kalau foto yang kita posting memiliki caption atau cerita didalamnya. Mungkin karena saya sangat suka membaca tapi juga suka foto jadi saya lebih suka mengikuti akun cerita bergambar. Humans of New York salah satunya. Sudah mengikuti akun ini ? ada fanpage di Facebook, blog, juga instagramnya loh ! dan saya merekomendasikan pages ini ke beberapa teman waktu pertama menemukannya. Akun ini biasanya memposting cerita keseharian warga New York yang memiliki berjuta cerita, ada yang menyenangkan, lucu sampai membaut tertawa, memilukan sampai membuat air mata keluar, ada juga yang kontroversial, yang saya suka selain gambar dan captionnya adalah para followers nya yang aktif berkomentar tapi tetap saling menghargai subjek dalam foto tersebut.

Itu juga yang saya ajarkan di kelas ketika anak-anak membuat caption berbeda sari satu foto, saya ingin anak-anak tetap menghargai perbedaan, satu foto akan memberikan banyak gambaran yang berbeda di tiap kepala, tapi apapun itu kita harus tetap saling menghormati. Anggap saja pelajaran sebelum mengenal sosial media yang sangat crowded, walaupun kalau untuk dikelas 2 ini pelajaran untuk belajar bahasa, PKN dan IPS :)

from hiraki's desk

from rafif's desk

semangat afnan kata teh nur, biar bisa di foto pak suhud - Reiqy
 
Bai & Hansa 

Bai sibuk melihat-lihat foto lomba karena ia sakit dan tidak bisa datang ke sekolah waktu hari selasa

the boards

our door

1 comment

leave yout comment here :)