Detective Conan Edisi 100! Perjalanan Panjang Penggemar Conan

Detektif Conan Edisi 100 sudah terbit dan sudah bisa dibeli di toko buku kesayangan kalian semua! Punya saya sampai hari Minggu kemarin. Karena seminggu ini saya tidak banyak membuka instagram untuk mengikuti info-info perbukuan terbaru, saya cukup kaget karena Detektif Conan terbaru ini dibandrol dengan harga 50,000. Sebuah harga yang fantasis mengingat saya mulai mengoleksi komik Conan dari harga 13,000 (atau 11,000 ya saya agak lupa). 

Saya ingat sekali membeli Detektif Conan pertama kali di Indomaret dekat rumah, sepertinya saya masih SMP dan koleksi Conan pertama saya adalah Conan nomor 47. Komiknya masih ada sampai saat ini. Sangat spesial karena mendapatkan uang untuk membeli komik ini dari almarhum bapak. Sejak saat itu saya memburu komik Conan bekas untuk melengkapi koleksi saya. Sempat mandek mengoleksi karena kesibukan dan melupakan cita-cita mengoleksi seluruh komik Conan, saya mulai melanjutkan kebiasaan membeli Conan ketika bekerja di Jakarta. Setiap edisi baru terbit saya mampir ke Gramedia Matraman, membeli komiknya dan membacanya sampai tamat di gerai Dunkin Donuts sambil makan donat dan minum kopi. 

Sejak mulai kembali membeli Conan di Jakarta, sampai saat ini saya tidak pernah ketinggalan membeli Conan edisi terbaru. Tentu saja rasanya tidak terlalu mahal karena beberapa bulan sekali saja terbitnya dan Detektif Conan adalah satu-satunya komik yang saya beli dan masih on going, sekarang ada Spy x Family sih hehe, jadi dua serial ini yang saya tunggu-tunggu kehadiran terbitnya. 

Edisi 100 cukup spesial karena:

Dari segi penampilan:

1. Punya jacket cover yang membungkus komik, ini mirip edisi bahasa Jepang (saya punya satu di rumah dan ada jacket covernya).
2. Kertasnya berbahan book paper, bukan kertas tipis/ kertas buram (?) yang biasanya digunakan untuk mencetak edisi sebelum-sebelumnya. 

Dari segi konten:

1. Ada drama sengit FBI vs Organisasi Hitam, di edisi kali ini Conan dan kedua orang tuanya turut bergabung memeriahkan keseruan perang antara dua organisasi ini. 
2. Ada info menarik terkait Rum, orang penting di Organisasi Hitam.

Ada tiga kisah yang disajikan di edisi 100 ini

1. Yusaku mengungkap kasus pembunuhan di ruang tertutup

Kisah pertama merupakan sambungan kisah edisi 99, jadi baiknya membaca ulang edisi 99 chapter terakhir supaya paham casenya. Disini ada hal menarik yang melibatkan Yusako Kudo, Kaito Kid, Vermouth dan tentu saja Conan. 

2. FBI vs Organisasi Hitam

Sebagai pengagum Suichi Akai, saya suka sekali edisi ini karena peran Akai cukup banyak disini. Jujur saya tidak terlalu antusias membaca isi bab ini karena geregetan banget sama anggota FBI yang kalah pintar sama Conan. I mean hiks masa anggota FBI tidak tahu trik-trik standard untuk penyelamatan diri dan bersembunyi T.T, harus dikasih tau Conan dulu, pffft. 

Tapi bagian ini tetap menarik karena endingnya membuka tabir baru Organisasi Hitam. Dan karena yang diungkap adalah orang yang cukup penting, edisi kali ini tidak terlalu mengecewakan lah ya.

3. Heiji & Kazuha dan kisah cintanya yang selalu amsyong

Heiji mulai gemas karena tiap ia mau mengungkapkan cinta ke Kazuha, ada saja hal-hal yang menggagalkan usahanya. Ia kemudian mencari tahu info tentang jimat yang menurutnya akan berguna untuk hubungannya. 

Eh tapi hasil googlingnya ketahuan Kazuha, Kazuha sama sekali tidak berpikir Heiji sedang mencari jimat dan akan membeli jimat disana. Kazuha datang ke Tokyo dan mengajak Ran serta Conan ke kuil yang ia temukan dari hasil googling Heiji. Tak disangka, Heiji ada disana juga. Ketika mereka bertemu, pembunuhan terjadi.


Lelah tapi memuaskan

Mengikuti kisah Conan dan teman-temannya ini melelahkan sekali kalau dipikir-pikir :'), gak sadar sekarang sudah edisi 100 saja dan belum ada tanda-tanda berakhir. Tapi ya, mengikuti Conan ini, walaupun melelahkan rasanya tetap memuaskan. 

Mengikuti Conan bukan hanya mengikuti ceritanya. Saya (dan saya yakin banyak orang yang mengoleksi Conan), tumbuh besar bersama Conan. Ada memori masa SD, SMP, SMA yang dihabiskan untuk membaca Conan, ada memori berburu komik bekas karena tak punya cukup uang untuk membeli buku barunya, ada memori menyenangkan pernah minta uang ke Bapak untuk beli komik. Membeli Conan buat saya adalah usaha untuk terus menghidupkan memori-memori tersebut. Siapa sangka saya sampai di fase selalu dicukupkan secara finansial sehingga membeli komik Conan dengan harga 50,000 rasanya tidak memberatkan sama sekali. Ya, memang terasa sekali saya bertumbuh bersama Conan. 

Saya cuma sedikit berharap Rana nanti suka membaca komik juga jadi koleksi Conan di rumah tidak hanya dinikmati oleh saya sendiri :) Haha! 

Goodreads Review

Detective Conan #100Detective Conan #100 by Gosho Aoyama
My rating: 4 of 5 stars

Sebagai pengagum Suichi Akai, senang sekali di edisi 100 bisa lihat Akai beraksi.

Ada 3 cerita di edisi 100.
- Cerita sambungan dari edisi 99 (better baca dulu edisi 99 biar ingat).
- Cerita kedua tentang pembunuhan agen-agen FBI oleh organisasi hitam. Makin dekat dengan identitas dibalik organisasi hitam 😬
- Kisah cinta Heiji - Kazuha yg selalu amsyooong :')

View all my reviews

6 comments

  1. Ya ampuunnnn udah sampe 100 aja dong bukunya! Aku juga salah satu penggemar Conan yang dulu punya cita-cita mau koleksi semua komiknya. Beneran ngerasain beli komik 11.000 1 satunya dan sekarang udah 50.000 aja... Aku terakhir koleksi juga pas kuliah Mba, udah punya dari nomor 1-90an sepertinya terus berhenti sampe sekarang karena capek ngikutin dan menguras biaya sekali.... makin seru teryata ya sekarang dan Heiji belom jadian jugaaa? wkwkwkwk lama bangettt ya sampe greget sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak :') gokil ya ngikutin dari harga belasan ribu tuh huhu

      Huwaaa kemarin pas share di medsos juga banyak yg curhat serupa :") udah mulai cape ngikutin hiks, aku udah kadung ngoleksi rasanya kagok mau berhenti + penasaran juga sih, tapi ini kalo kepanjangan juga yakin banyak yg mundur wkkk cape nungguin Conan tamat.

      Hapus
  2. Membaca ulasan ini saya jadi ingat dulu waktu SD saya juga suka sekali beli komik Conan di mall kecil dekat sekolah yang juga tidak jauh dari rumah saya. Awalnya memang dibelikan bapak, lalu saya bertekad untuk beli pake uang sendiri dan, sebagai anak SD, rasanya gembira sekali bisa beli komik Conan seharga 12.500, hahaha.... (seingat sy dulu harganya segitu).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah serunyaa, dulu saya sering beli Conan di Indomaret kak, ada satu section isinya komik2 baru, sayang banget sekarang gak ada lagi hiks.

      Hapus
  3. jadi pengen baca komik conan lagi :')

    BalasHapus

leave yout comment here :)