[Review Asri] Komik Uzumaki, Komik Horor Klasik karya Junji Ito

Bulan Juni kali ini diawali dengan teracuni sebuah komik horor klasik, Uzumaki karya Junji Ito yang diterbitkan oleh Penetbit M&C. Komik ini sebelumnya sudah pernah diterbitkan (namun tidak legal) oleh Penerbit Shiteru. Ini pertama kalinya saya membaca karya Junji Ito, walaupun rekomendasinya banyak berseliweran di Instagram, namun saya justru kena racun setelah beberapa waktu kebelakang banyak mengikuti akun penggila komik di Twitter. 

Dari mereka saya jadi tahu kalau edisi ini cukup spesial karena langsung tamat dalam satu buku (edisi ilegal sebelumnya ada tiga buku), namun ini juga yang membuat bukunya amat tebal untuk ukuran komik. Karena tidak ada jumlah halaman dan keterangan halaman di buku, saya juga kurang tahu nih ini berapa halaman. Tapi kalau disejajarkan dengan komik Elex Media ukuran biasa (saya bandingkan dengan Detektif Kindaichi edisi lama) komik ini tebalnya sekitar 5x komik ukuran reguler. Faktor yang membuat komik ini jadi tebal juga salah satunya karena sudah pakai format bookpaper, karenanya jadi terkesan premium + ada jaket covernya juga juga! memang layak koleksi sih :'). 

Nah tapi sebelum mengoleksi komik ini, berikut hal-hal yang perlu teman-teman tahu tentang buku ini:

Cerita tentang Kota Spiral

Komik ini bercerita tentang petulangan Goshima Kirie. Ia tinggal di sebuah kota kecil dan damai dan tentram hingga suatu hari ia bertemu seorang temannya, Saito Shuichi yang merasa kota ini adalah kota yang memuakkan. Beragam hal kecil dari kota ini, lautnya, suara panggilan dari stasiun, hingga mercusuar yang tak lagi digunakan, semuanya nampak amat menyebalkan bagi Shuichi. 

Ternyata, rasa muak ini muncul dari rumah. Ayah Shuichi amat terobsesi dengan segala hal yang berbentuk spiral. Ia merasa semua hal yang berbentuk spiral adalah sesuatu yang indah. Obsesinya berubah jadi parah sampai ia tak bisa makan tanpa uzumaki. Ia juga 'meracuni' kegilaannya pada hal-hal berbentuk spiral pada Ayah Goshima yang merupakan pengrajin keramik. Ia meminta Ayah Goshima membuat keramik berbentuk spiral. 

Uzumaki

Kegilaan ini membuat Ayah Shuichi pada akhirnya mati dalam kondisi spiral di bak kayu pesanannya sendiri. Di hari kematiannya, saat di kremasi, asap dari pemakaman membentuk spiral dan seolah-olah memanggil istrinya untuk ikut mati. Sejak saat itulah wabah spiral tejadi di Kota ini. 

Jalan cerita dari komik ini sebetulnya menarik sekali, walaupun di awal kita dibuat penasaran, sebenarnya Kota ini jadi spiral karena kelakuan Ayah Shinichi kah? atau karena hal lain? kita akan mendapatkan jawaban di akhir buku. Hal ini jugalah yang membuat saya bertahan membaca bukunya hingga akhir walaupun isinya sangat mengerikan dan literally menjijikan. 


Dari awal hingga akhir, kita akan menemukan beragam kisah spiral yang sungguh gila. Kisah manusia keong, nyamuk yang mengganggu ibu-ibu hamil di Kota tersebut, rambut-rambut yang menjadi spiral sendiri dan mencari perhatian, aduh! ampun deh baca dan lihat gambarnya. Saya merasa pusing dan mual sendiri sesudahnya. 

Visual yang mengagumkan, seram dan menjijikan, tapi ya! mengagumkan!

Saya sampai menuliskan kata mengagumkan dua kali karena visual komik ini aduhlah memang bagus sekali, detailnya! ya ampun, saya sampai gak bisa berkata-kata lagi, memang dua jempol deh untuk komikusnya, empat malah saking gila detailnya. Ga kebayang membuat komik setebal itu dan terus menerus mengulang menggambar spiral hanya dalam bentuk dan medium yang berbeda. 

Nah tapi ini menurut saya jadi warning kalau kamu mudah tertrigger ketika melihat gambar-gambar yang menjijikan. Baiknya tidak dibaca ketika hendak atau setelah makan, karena gambarnya benerang dirancang komikusnya untuk bikin jijik yang baca. 

Plus, saya pribadi gak menyarankan buku ini dibaca oleh Ibu hamil :'), ada satu cerita yang cukup mengerikan tentang Ibu hamil disini, dan karena buku ini bergenre horror, saya tahu betul section khusus tentang hal-hal mistis dan Ibu hamil selalu jadi hal seksi untuk dieksplore, gak hanya di Indonesia saja ternyata ya. Kecuali Mba/Ibu sudah biasa baca komik Junji Ito dan sudah paham efeknya akan seperti apa, ya gapapa. hehe tapi kalau newbie seperti saya, lebih baik jangan :)

Hati-hati menyimpan Koleksi ini di rumah

Menurut saya, komik ini memang layak koleksi kalau kamu suka Junji Ito, suka komik horror klasik dan suka manga dengan detail yang ciamik. Tampilannya juga eksklusif sekali, mantap untuk masuk list koleksi. 

Kalau setelah membaca review diatas kamu jadi tertarik untuk mengoleksi komik ini, please be mindful untuk meletakkan buku ini ditempat yang aman dari jangkauan anak-anak. Keterangan "DEWASA" di bagian depan jaket cover buku ini sebetulnya amat bagus, membantu memperjelas supaya anak-anak tidak membaca buku ini. Jadi ayok simpan di rak bagian atas atau disembunyikan jangan sampai mengundang penasaran anak-anak hihi. 







Informasi Buku

Judul Buku: Uzumaki
Penulis: Junji Ito
Terbit pertama kali: 2010
Terbit pertama kali di Indonesia: 2022
Alih Bahasa: Hasina Sari, Martina Rosmawati
Penyunting: Mustika Arum
Artistik: Heru Lesmana
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama - M&C
Harga: 128,000 (P. Jawa), saya beli dengan harga diskon 20% disini.
Rating: Dewasa

0 comments

leave yout comment here :)