Perburuan Harta Karun

Pola pikir jadi guru TK kemarin yang selalu menganggap anak ga harus bisa calistung harus di ubah total ketika ngajar di SD. Hanya saja harus ada formula khusus biar belajar calistung ga bikin anak-anak bosan untuk belajar dan belajar lagi.

Saya mau share pelajaran di keals 2 hari ini. Anak-anak sudah maksa saya (sejak hari pertama!) untuk belajar di luar kelas. Saya yang masih adaptasi sama lingkungan baru sekolah belum bisa ajak anak keluar karena masih belum tau kegiatan apa yang akan dilakukan kalau kita pindah belajar.
Akhirnya setelah 2 minggu, baru tadi saya ajak anak-anak belajar ke saung. Satu session penuh untuk mencari harta karun.

Sebenarnya kegiatannya sederhana, dan saya rasa kayanya kegiatan semacam ini bisa dilakukan agak sering dengan format lain. Saya sedang mengajarkan anak-anak untuk mengingat huruf 'ng', kadang anak-anak masih suka ketinggalan satu huruf kalau menuliskan kata yang didalamnya ada huruf 'ng' nya, ada juga yang masih suka bingung membacanya.

Jadi untuk membuat anak-anak lebih kenal dengan si 'ng' saya membuat permainan dimana anak-anak harus mencari kata-kata dengan huruf 'ng' didalamnya yang saya sebar di saung sekolah. Anak-anak harus menuliskan katanya hingga terkumpul semuanya.

Sebenarnya, bisa saja anak-anak mencari pelan-pelan, tapi bukan anak-anak namanya kalau tidak kedabag-kedubug balapan cari kata-katanya sama teman-teman. Seru sekali sih melihat anak-anak belajar di luar. Saya harus banyak memikirkan kegiatan lainnya :D

Setelah kata-kata tersebut mereka tuliskan, saya meminta anak berkumpul dan menyebutkan satu persatu kata yang saya sebar, anak-anak mengoreksi sendiri pekerjaannya dan mengambil kembali kata-kata yang telah disebar tadi.

Terakhir kita main tebak-tebakan kata yang didalamnya ada vokal 'ng' nya, seru sekali sih, semua anak mampu memberi clue kepada teman-temannya sehingga bisa menjawab kata-kata seperti payung,elang, perang, pedang, juga jengkol :P

Dan bahagia memang sederhana, mendengar anak-anak berkata 'ibu, seru belajarnya hari ini' :)

*ide pelajaran ini diambil dari percakapan dengan MK kelas 1 anak-anak, bu iva yang memberi tahu saya kalau anak-anak senang sekali dengan permainan mencari harta karun

jangan !

ini sih ada yang usil memindahkan jadi berdempetan seperti ini :P

Singa

ngaji

write it down kids !

burung

recheck

tebak-tebakan 'kata yang didalamnya ada huruf 'ng' nya'

from last night chaos

2 comment

  1. Bener bu..hansa seneng bgt disuruh nyari harta karun..pulang sekolah langsung semangat cerita :)

    BalasHapus
  2. alhamdulillah bun :) seru sekali anak-anak kalau belajarnya diluar kelas

    BalasHapus

leave yout comment here :)