Rezeki yang Selalu Dicukupkan Tuhan - #30DWCDAY08

What fascinates you about life and people around you?

Another tough prompt to answer. 

---


Sejujurnya ada banyak hal yang membuat saya terpesona dalam kehidupan ini. Ada banyak hal juga yang memesona dari orang-orang di sekitar saya. Tapi kalau semuanya bermuara pada satu: rezeki yang selalu dicukupkan Tuhan.

Saya dan keluarga saya adalah korban krisis moneter 1998. it was a dark period for our family. Tapi orang tua saya gak banyak menceritakan ini pada anak-anaknya, karena saya masih amat kecil, adik saya baru lahir, kami baru ber-4 saat itu. Belum ber-6 (dua adik saya lahir di era 2000an). Kehidupan kami berubah drastis, pindah sana sini, Bapak dan Ibu saya ganti usaha berkali-kali. Ada masa dimana saya harus ditinggal di satu kota bersama nenek saya selama dua tahun. Sampai akhirnya kami bersama tinggal di satu rumah yang sama lagi ketika saya SMP. Ada banyak sekali masa-masa dimana saya tidak bisa mendapat apa yang sama mau. Let's say, buku misalnya. Buku adalah barang mahal buat keluarga kami saat itu. Beberapa kali Ibu harus meminjam uang untuk sekedar membayar sekolah kami, karena saat itu sekolah belum benar-benar gratis. 

Tapi kalau saya tarik lagi mundur kebelakang, walaupun kami berada dalam masa-masa suram, rezeki kami selalu dicukupkan Tuhan. Saya dan keluarga lebih sering sehatnya dari pada sakitnya, kami tidak pernah kelaparan walaupun tidak punya uang, sekolah saya terbilang lancar, ada beragam rezeki yang datang walau bentuknya bukan uang. 

Seringkali ketika saya sedang berjalan keluar rumah, diatas motor bareng suami dan anak saya, saya melihat beberapa orang yang mungkin bagi saya terlihat tidak beruntung. Ada pemulung di jalanan, ada pedagang yang mukanya lusuh karena barangnya belum terjual, ada bapak supir angkot yang menunggu penumpang dengan wajah merana, ada juga penjaja batu cobek yang memikul dagangannya dengan berat.

Saya sering bertanya-tanya "Mereka dapat uang gak ya hari ini? keluarganya bagaimana di rumah?"

Saya ternyata lupa: Tuhan akan bagikan rezekinya dengan adil, dan kadang rezeki itu tak datang dalam bentuk uang. Mungkin rezeki itu berupa prestasi anak mereka di rumah, mungkin itu datang dengan tetangga yang baik hati dan sering berbagi, mungkin mereka mendapatkan support dari keluarga mereka, mungkin rezeki itu datang dalam bentuk tertutupnya kesempatan untuk korupsi dan berbuat curang ditempat kerja. Siapa yang tahu kan.

Seringkali ketika melihat orang-orang ini dijalan, saya seperti diajak melihat Bapak saya dulu yang pada satu kesempatan bahkan pernah menjajal menjadi supir angkot di jam pulang kantor. Apakah itu membuat Bapak saya menyedihkan? Tidak. Apakah Bapak menjadi orang yang amat sangat kami sayangi karena usahanya untuk membahagiakan keluarga? Iya. Sangat.

Mungkin rezeki Bapak juga hadir dalam bentuk Istri & anak-anak yang amat menyayanginya. Kerja keras Bapak saat itu memberikan dampak besar bagi saya agar bisa membahagiakan keluarga saya ketika saya bisa bekerja nanti. 

Saat melihat pedagang keliling sedang menjajakan dagangannya, saya jarang lagi merasa kasihan dan mempertanyakan apakah mereka bisa makan hari itu. Saya yakin Tuhan akan mencukupkan.

--

Saya sedang ikutan Tantangan 30 hari menulis yang diinisiasi @readingsummary.
Kamu bisa ikutan juga loh dengan bergabung di grup telegramnya disini. 

0 comments

leave yout comment here :)