Satu Hari Tak Terlupakan di 2021 - #30DWCDAY05


Prompt Day-5: Write about your most interesting day of the past year.

Ok, ralat untuk postingan sebelumnya tentang pertanyaan paling mudah, buat saya justru ini prompt termudah. Karena 2021 adalah tahun dimana saya menjadi seorang Ibu. Jadi jawaban dari pertanyaan ini adalah: Hari dimana anak saya lahir. 

Apa yang menarik dari hari itu?

1. Proses Melahirkan

To be honest. Gak banyak hal menarik dari proses kelahiran seorang anak, bagi seorang Ibu yang melahirkan [bagi saya deng, saya gak tau Ibu lain gimana], melahirkan seorang anak adalah proses yang menyakitkan [still remember the contractions stings :')], proses yang melelahkan [took hours for me from the first opening to complete opening], dan proses yang aneh [karena ini pertama buatku]. 

It was not dramatic like what you guys watch at movies :') I mean teriakan dan jambak-jambak rambut suami, itu tidak terjadi pada pagi itu. Yang aku ingat hanyalah aku mencoba mempraktekkan latihan napas yang sudah aku pelajari sebelum-sebelumnya, tapi gagal dan berakhir aku menangis karena kelelahan. Rana akhirnya lahir setelah beberapa asisten Bidan masuk ikut membantu proses kelahiran. 

Pyuff. What a messy and chaotic day.

2. Proses Menjadi Ibu

Hal lain yang menarik dari hari tersebut adalah sebuah kesadaran yang akhirnya tak bisa dihindari. Oh wow, hari ini aku jadi Ibu, hari ini ada seorang anak lahir dari rahimku. Dan sejak hari ini sampai seterusnya ada kewajiban-kewajiban yang melekat padaku, ada hak anakku yang harus kuberikan kepadanya. Juga sejak saat itu aku yakin ada banyak kebahagiaan, ketakutan, kekhawatiran, kebanggaan dan beragam emosi lainnya yang akan menyertai perjalananku dan pasanganku. 

3. Melahirkan di Klinik Bidan

Ini juga seru rasanya kalau aku ceritakan disini. Aku dan pasanganku memilih untuk melahirkan di klinik bidan, bukan di Rumah Sakit. Ada beberapa alasan kenapa kami memilih hal ini. 

Saat aku melahirkan, kasus covid varian delta sedang cukup tinggi, aku ingin menghindari rumah sakit dan memilih klinik bidan yang yaa memang yang datang yang mau melahirkan saja, bukan yang sedang sakit. 

Kedua karena setelah pemeriksanaan terakhir, bidan dan obgyn ku sama-sama menyatakan kalau aku seharusnya aman-aman saja kalau melahirkan di klinik bidan [asal ada kontraksi di pekan tersebut, lewat dari pekan tersebut tidak ada kontraksi, harus di rumah sakit]. Kami juga menyiapkan beberapa plan jika ternyata dalam proses kelahiran aku harus dilarikan ke RS, aku akan ke RS mana, naik apa, dokter siapa yang dihubungi, semuanya ku koordinasikan dengan pihak klinik. 

Hingga tradaaaa, akhirnya aku benar-benar melahirkan disana :'), rasanya ternyata menyenangkan sekali kalau diingat-ingat lagi sekarang. Karena aku tidak yakin bisa senyaman itu jika harus melahirkan di RS dengan kondisi covid yang tinggi sekali kasusnya. Aku bisa berjalan-jalan di luar kamar, berjemur bareng bayiku dua jam setelah melahirkan, dan pasanganku gak kagok kemana-mana. 



0 comments

leave yout comment here :)