4 Buku Anak yang Wajib Kamu Baca !

Halo Sabtu ! Brrr, Bandung dingin sekali pagimampBagaimana cuaca di tempatmu ? 

Oh iya, hari ini tanggal 23 Juli ! Hari yang cukup istimewa di Indonesia, hari ini adalah hari anak nasional. Tadi pBlog..saya sempat lihat tema perayaan hari anak tahun ini adalah Stop Kekerasan Pada Anak. Isu ini memang sedang santer banget yaa, saya sendiri merasa sedih karena masih banyak sekali kasus kekerasan anak yang terjadi, namun dengan naiknya kasus-kasus ini ke media, semoga orang-orang menjadi semakin aware dengan isu ini.

Nah, kemarin saya janji di Instagram akan membuat rekomendasi buku yang seru untuk anak. Menulis tema ini amat sangat membingungkan hehe, sebagai guru SD kelas bawah, saya melihat keberagaman pilihan buku yang dibaca anak, tiap anak genre buku yang dia suka berbeda, ada yang suka buku ensiklopedia, ada yang cuma mau baca buku-buku tentang mobil dan peralatan perang, ada yang senang membaca buku cerita ada juga yang hanya mau baca komik atau memilih buku bacaan berdasarkan gambar dan ilustrasinya.

Hari ini saya ingin merekomendasikan buku-buku yang ceritanya cukup panjang, beberapa anak-anak SD kelas bawah mungkin sanggup membaca buku-buku ini karena beberapa murid saya mampu menceritakan kembali isi bukunya walaupun masih terbata-bata, beberapa anak lainnya, (yang ogah pegang buku tebel tanpa gambar) tetap anteng waktu saya mendongeng berdasarkan cerita dalam buku ini. 

1. Harry Potter Series - J.K. Rowling


Sebagai penggemar berat seri karangan J.K. Rowling ini saya amat sangat merekomendasikan buku ini sebagai buku bacaan anak, terutama buku pertama dan kedua, The Philosopher Stones dan The Chamber of Secret. Walaupun filmnya keren sekali, tapi sensasi yang didapatkan dari membaca buku benar-benar berbeda. 

Saya pernah membaca beberapa novel yang menceritakan sang ibu mendongeng kisah Harry Potter sebelum anak tidur setiap hari, jadi petualangan Harry dan teman-temannya di Hogwarts memang bisa menjadi petualangan panjang karena dibacakan tiap sebelum tidur. 

Ketika mengajar kelas 2 tahun ajaran lalu, saya mendongeng kisah Harry dikelas dan anak-anak masih mengingat ceritanya sampai sekarang. Salah satu anak bahkan bercerita bahwa hal yang menyenangkan di kelas 2 lalu adalah mendengar cerita Harry Potter dari bu Asri :D hehe, padahal saya ga jago dongeng, tapi cerita Harry Potter memang cerita yang sangat seru untuk anak-anak.

2. Lima Sekawan - Enid Blyton
Lima Sekawan

Seri ini memang seri lawas sekali, buku lima sekawan ini pertama kali diterbitkan tahun 1942 (jaman perang dulu!) Indonesia bahkan belum merdeka, kisah ini bercerita tentang petualangan Julian, Dick, George, Anne dan Timmy. Seri pertama dari petualangan ini berjudul Five on a Treasure Island - Lima Sekawan di Pulau Harta. Ada 21 seri petualangan lengkap Lima Sekawan. Menurut saya buku ini merupakan salah satu buku abadi sepanjang masa yang wajib dibaca anak-anak hehe, bukunya seru sekali untuk dibaca anak-anak yang suka teka-teki dan cerita detektif anak.

3. Alice in Wonderland - Lewis Carrol
Alice's Adventure in Wonderland
Alice's Adventures in Wonderland, buku ini pertama kali diterbitkan tahun 1865 oleh Lewis Carrol dan menjadi salah satu cerita sepanjang masa yang film adaptasinya terus diadaptasi hingga sekarang. Buku yang saya miliki di rumah diterbitkan oleh penerbit narasi dan satu bundel dengan cerita Alice through the Looking Glass yang filmnya sebentar lagi rilis. 

Oh iya, tahukah kawan fakta unik dari buku ini ? Penulisnya sebenarnya bernama Charles Lutwidge Dodgson, selain menulis petualangan Alice, beliau adalah seorang matematikawan, ahli matematika yang juga seorang inventor jenius, dia membuat prototype awal permainan kata yang kita kenal sampai sekarang, scrabble, selain ahli matematika, penulis genius dan penemu dia juga dikenal sebagai fotografer yang terkenal dimasanya. 

Ah sampai lupa membahas sedikit tentang bukunya, buku ini tentunya bercerita tentang petualangan Alice di Negeri Ajaib, namun selain ceritanya yang seru, buku ini juga berisi puisi-puisi anak, puisi ini tentunya akan lebih indah dibaca versi bahasa aslinya :) Dicoba yuuk, sambil belajar bahasa bareng anak.

4. The BFG - Roald Dahl
The BFG

Sebenarnya bukan hanya The BFG, buku-buku Mr. Dahl lainnya pun layak dibaca oleh anak-anak, Roald Dahl dikenal sebagai pengarang favorit anak-anak sedunia, saya salah satunya :D hehe, selain The BFG buku Roald Dahl lain yang tak kalah seru adalah Matilda :) Ayoooo, mau baca yang mana dulu ?

Naah, itu tadi 4 buku anak-anak yang menarik untuk dibaca oleh anak, oh iya sebenarnya masih banyak buku cerita anak lainnya yang keren dan menarik untuk dibaca, termasuk yang ditulis oleh penulis Indonesia, diantaranya adalah serial anak-anak mamak karya Tere Liya juga dongeng-dongeng sebelum tidur karya Clara Ng. 

Nanti kita bahas bersama dilain posting okay ! Untuk hari ini 4 buku diatas dulu rekomendasinya :D, kalau kalian bagaimana ? Apa buku anak yang kalian rekomendasikan nih ?


Tulisan ini dibuat untuk blog.ruangguru.com, mampir yaaa lihat tulisan menarik lainnya. 

4 comment

  1. kak bukunya ernest hemingway the old man and the sea juga bagus ya buat anak-anak. sama rudyard kipling kak. just so stories

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah aku malah belum baca, boleh deh masuk reading list selanjutnyaa :)

      Hapus
  2. Susah banget buat nyuruh hansa baca novel alias buku yang gambarnya minimalis bu..capek katanya..mo dicoba dari sekarang deh..dikit2 dulu ;) tfs bu

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

leave yout comment here :)