Menyusun Program Literasi Kelas


Bismillah, Tahun ajaran baru sudah didepan mata . .

Tahun ini saya akan mengajar kelas yang berbeda namun dengan pasukan yang sama :D hehe, saya kembali mengajar angkatan lalu, namun di kelas 3. Lalu apa yang akan berbeda ? Tentu saja materi ajarnya.

Sama halnya seperti tahun lalu, tahun ini saya sangat ingin mengembangkan kemampuan literasi anak-anak. Kuncinya tentu di membaca, program pojok baca dan silent reading tahun lalu berjalan cukup seru, anak-anak membaca cukup banyak buku dan mulai mampu memahami apa yang mereka baca. Tahun ini, saya ingin memindahkan beberapa buku koleksi pribadi saya ke sekolah. Buku-buku ini adalah buku dengan cerita yang lebih panjang. Saya bahkan memikirkan konsep perpustakaan pinjam yang bisa dibawa pulang dengan anak-anak sebagai petugas catat mencatat (namun hal ini harus saya diskusikan terlebih dahulu bersama anak-anak).

Mengapa mereka mulai saya kenalkan dengan buku bacaan panjang ? Karena kemampuan literasi mereka harus meningkat di tahun ini, beberapa anak akan kesulitan mengikuti program ini karena masih terbiasa membaca buku berwarna dengan banyak gambar, karena itu saya mencari buku cerita panjang dengan full ilustrasi untuk anak-anak visual ini. 

Lalu apa tujuan akhir dari kegiatan baca-mambaca tulisan panjang ini ? 
Saya ingin mereka mulai menulis. Bukan belajar menyalin atau dikte lagi, di kelas 2 lalu beberapa anak mampu menulis cerita panjang hingga dua lembar A4, namun perpaduan antar paragraf masih belum bagus dan beberapa anak masih kesulitan mengarang karena kosakata mereka yang terbatas. Padahal ide ceritanya sudah bagus dan menarik. Karena itu saya ingin mereka mulai belajar menulis cerita dengan baik. Saya ingin mereka mulai belajar menciptakan produk. Produk dari membaca, selain pengetahuan adalah tulisan yang berasal dari pengetahuan mereka. 

Referensi dari World Book CLEVER Kids Language Skill ages 8-10 hal. 6

Referensi dari World Book CLEVER Kids Language Skill ages 8-10 hal. 7

Bukan tidak mungkin kan 15 anak-anak saya nanti bisa membuat buku kumpulan cerpen di akhir tahun ajaran ? Hehe, Saya yakin mereka bisa. Beberapa hari ini saya sedang menyusun program belajar untuk pelajaran Bahasa Indonesia. Jadi saya membaca beberapa referensi bacaan yang saya pinjam dari sekolah dan beberapa referensi dari internet. Erghhh, mungkin karena saya bukan lulusan PGSD rasanya bingung sekali mau mulai dari mana, tapi saya harus bisa membuat perencanaannya ! Gagal merencanakan berarti merencanakan gagal, bukan ?

Nah, pembaca yang baik dan budiman (hehe) yang pernah juga menyusun program literasi kelas, bolehlah kiranya berbagi dengan guru yang sedang belajar ini :) email me at asrisudarmiyanti@gmail.com, or just kindly leave a comment and I'll contact you soon.
Thanks.
Wish Me Luck !!

2 comment

  1. asri kamu keren ^_^
    semoga sukses ya program literasinya

    BalasHapus

leave yout comment here :)