Fun-Venture 4

Reiqy membacakan puisi ciptaannya
Hai ! Hari ini saya dan anak-anak jalan-jalan ke luar sekolah.
Kami memilih sawah di dekat rumah Abin untuk belajar. Selain untuk menepati janji kepada anak-anak, rasanya jalan-jalan kali ini akan sejalan dengan tema minggu ini. HARI BUMI !!
Rio membacakan puisi ciptaannya
Yap, ada dua event penting di minggu ke tiga bulan April, Hari Kartini dan Hari Bumi, and I choose Hari Bumi.

Why ? Hehe, anak-anak sudah pernah dapat penjelasan panjang tentang Kartini waktu kelas 1 dan lagi hampir tiap hari saya menjejali konsep yang sebenarnya agak feminis terhadap mereka (hehe, bukan berarti saya aktifis feminis loh!), saya selalu menekankan kepada anak-anak untuk tidak membeda-bedakan perempuan dan laki-laki dikelas.

Yap, di kelas ! dirumah, ayah dan ibu memang punya tugas dan kedudukan berbeda, but not at class, kalian semua sama. Sama-sama anak bu Asri dan memiliki tugas dan kewajiban yang sama untuk belajar.
Rafif membacakan puisi ciptaannya

Biasanya isu ini akan muncul ketika pembagian kelompok diacak dan ada beberapa anak laki-laki yang merasa malas satu kelompok dengan anak perempuan. Entah persepsi apa yang mereka dapat tentang hal ini, namun jika hal ini terjadi saya selalu mengulas dikelas. Kalau sudah mulai ada yang kebangetan ga mau menerima saya akan membalikkan dengan pertanyaan dan pernyataan, "Kebanyakan dari kita pertama kali mencintai seorang perempuan loh kids ! tau ga siapa ?" mereka akan menjawab dengan kompak "Ibuuuu", mulai deh saya ceramah hehe "Tuh kan, kalau gitu masih mau bersikap seperti sama perempuan ? enggak lagi yaa ! kita harus baik ke semua orang".


Fun-Venture
Saya tidak akan membahas tentang kesetaraan hak kok :) saya mau cerita Fun-Venture kita tadi yang bertepatan dengan tema kami ! Yappp, setelah berjalan dan menemukan tempat untuk mengerjakan tugas ditepi sawah, kami menepi.

Bagir membacakan puisi
Saya memberi tugas kepada anak-anak untuk membuat puisi dan membacakannya. Hiyaah, kereen loh, anak-anak berani membaca di tempat umum dan beberapa anak sudah membaca dengan intonasi puisi yang baik, mereka juga membuat puisi tentang bumi dan alam dengan bagus. Setidaknya mereka bisa membedakan puisi dan cerita, itu sudah keren bagi saya.

Hansa membacakan puisi ciptaannya
Saya merekam semua puisi yang mereka bacakan tadi :) nanti lain waktu kalau saya menemukan sinyal wi fi mungkin akan saya unggah ke youtube.

Zubair membacakan puisi ciptaannya

Ini bisa jadi Fun-Venture terakhir kami dikelas 2. Biasanya saya Fun-Venture 3 Bulan sekali, tapi bisa juga tidak. Kalau ada tema yang bagus untuk outing terakhir sebelum berpisah, mungkin saya akan mengajak anak-anak jalan-jalan lagi.

Fathur !!
Mereka selalu semangat ketika diajak jalan. Hari ini Abin jadi guide yang baik, ia menjelaskan kalau perumahan yang kami lewati tadinya semuanya sawah. Tapi sekarang sudah banyak yang dibangun jadi rumah, sawah dan ladangnya tinggal sedikit.
Hiraki membacakan puisi ciptaannya
Mereka tahu kalau alih lahan ini juga termasuk salah satu hal yang bisa merusak bumi. Senin lalu saya sudah menjelaskan mengapa pembangunan yang terus menerus bisa merusak bumi. Kita kehilangan tanah resapan air dan saya membawa majalah Nat Geo yang menjelaskan tentang kebutuhan kita terhadap air bersih yang semakin bertambah.

Faris membacakan puisi ciptaannya
Apakah anak-anak mengerti dijelaskan hal tentang lingkungan serumit ini ?
Ngertiii loooh !! Jangan salah menilai anak-anak ! Saya dulu seperti itu, mau menjelaskan sesuatu tapi takut terlalu tinggi untuk mereka. Tapi fakta sains adalah hal-hal yang menyenangkan untuk anak-anak sekolah dasar ! Kan saya sudah pernah cerita kalau dikelas saya mereka sangat freak terhadap fakta sains :)
Abin membacakan puisi ciptaannya

Girls squadnya cuma ber2 karena Aby dan Nur sakit
Sampai jummpa di Fun Venture selanjutnya !!

Jalaaan jalaaan
When a kid take over the camera

0 comment

leave yout comment here :)