Science is Magic

Rio bermain dengan bola !

Hei ! Seperti yang saya tulis di postingan lalu, hari Rabu kemarin #kelasbuAsri bermain sambil belajar di PUSPA IPTEK Sundial Kota Baru Parahiyangan.

Ini outing jauh kita yang ke-2. Pertama dulu ke Museum KAA dan Museum Mandala Wangsit. Kalau outing yang dekat tapi ga kalah seru ya keliling jalan permana dan main di sawah hehe :)

Nur mencoba duduk di kursi penuh paku
By the way, saya dapat pelajaran dari outing pertama kemarin ! Pelajarannya adalah let the kids explore sebebas mungkin namun tetap dalam batasan tertentu. Bukan berarti outing terakhir kemarin anak-anak ga bisa explore banyak, tapi karena waktu yang terbatas ditambah mereka harus mengerjakan LK yang walaupun saya pikir sedikit, ternyata cukup banyak bagi mereka ! bisa saja sih LK dikerjakan di Museum kemarin tapi waktu sight seeing nya jadi sedikit T.T beberapa anak ga bisa mengerjakan LK sampai selesai, dan yang mengerjakan sampai selesai malah ga bisa melihat-lihat banyak koleksi. Sibuk nulis.

Mengerjakan LK sehabis menonton film Space Oddisey
Jadi langkah pertama untuk belajar dengan seru di PUSPA IPTEK adalah dengan mengurangi LK mereka, hehe. Saya hanya beri satu lembar LK bolak-balik, berisi pertanyaan seputar film 4D yang ditonton sebelum ke Puspa Iptek, kemudian tugas mencari alat peraga dengan bentuk datar segitiga, segiempat dan lingkaran (yang sedang dipelajari dikelas) serta pertanyaan tentang sundial dan alat peraga kesukaan mereka.

Efektifkah ?

Faris bermain dengan baskom bergetar
Well, bagi saya cukup efektif. Hehe, anak-anak mengerjakan semua LK mereka dan mencoba beragam alat peraga dengan semangat.
Anak-anak dikelas dua sangat semangat setiap belajar sains, bahkan dikelas saya selalu harus belajar banyak agar bisa menjawab pertanyaan njlimet mereka tentang sains. Jadi saya sudah menebak mereka pasti sangat sangaaat excited belajar di puspa iptek.

Waih, macam penimba sumur profesional !
Begitu kelas dan kelompok dipisah, saya membawa anak-anak ke arah terpisah dari kelompok lain, supaya lebih leluasa mengexplore beragam alat peraga. Saya sudah mewanti-wanti agar tidak berada jauh dari bu gurunya, hehe, mereka langsung hambur mencoba beragam alat peraga sendiri, kalau mulai bingung atau ada pertanyaan baru memanggil saya, banyak juga teriakan "ibu liat ini" dan "ibu liat itu", waah semuanya terekam dalam 2 GB potongan-potongan video belajar mereka.

Bu Asri liat ini keren !

Saya sendiri selalu stand by dengan kamera saya (kamera HP maksudnya!hehe). Karena mereka akan selalu bergerak, saya memilih merekam semua kegiatan mereka bukan mengambil gambar, jadi saya tak harus pusing dengan beragam pengaturan juga harus sabar menunggu gambar sampai fokus, as you know, anak-anak ga mungkin bisa diam di tempat seperti ini, jadi gambar nanti malah akan blurry semua ! dan gambar terbaik anak-anak kan gambar candid yaa ! hehe saya juga bisa sambil menjelaskan beberapa alat peraga kepada mereka. Hampir semua gambar yang saya unggah adalah screen capture dari video. Yup ! Gambarnya tak bisa HQ tapi momentnya lebih berharga kan !

Look at their 'WOOOW" Faces !
Hehe, saya ga mau pusing dengan gambar HQ tapi nanti malah tidak bisa menemani anak-anak belajar atau menjawab pertanyaan mereka.

Ibu lihat ibu !!!
Sampai sekolah saya ajak anak-anak menonton video perjalanan mereka di laptop saya, sambil membahas lagi beragam alat peraga yang mereka coba di PUSPA IPTEK. (salah satu keuntungan mengambil gambar via video !) Jadi walaupun tidak bisa menjelaskan optimal ditempat kita bisa mengulang kembali disekolah.

Aby !!!
Bicara tentang science, I'm not a big fan of this subject ! hehe saya menjalani tahun tahun di sekolah dulu dengan ngedumel tiap bertemu Fisika dan Kimia ! Padahal hampir semua alat peraga di PUSPA IPTEK menggunakan prinsip fisika dan kimia. Saya cuma suka belajar biologi dan matematika dulu hehe, jadi saya merasa akan agak kelabakan menghadapi pertanyaan anak-anak.

Terus gimana doong ?

Kakak-Kakak Guide yang baik baiiik sekali !
Minta ditemani guide ! hehe, guide di Puspa Iptek ini amat sangat ramah loh ! awalnya mereka mengajak anak-anak dan saya untuk melakukan percobaan sains sederhana, setelah itu mereka menemani saya dan anak-anak belajar mencoba alat peraga lain.

Kita semua, saya dan anak-anak, setuju bahwa Puspa Iptek atau science center adalah tempat yang keren untuk bermain sambil belajar. Kalau belum pernah kesana coba main sekali-kali yaaa !

Biaya masuk PUSPA IPTEK Sundial Kota Baru Parahiyangan adalah Rp. 18.000. Untuk anak dibawah usia 3 tahun bisa masuk gratis. Jika kalian datang sebagai rombongan, sebaiknya book tempat dulu. Karena pengelola tidak akan menerima kunjungan rombongan yang belum daftar. Kunjungan rombongan diatur agar tempat lebih kondusif dan tidak terlalu crowded.


Salam dari kita semuaaa dari anjungan Sundial

Wah kemarin seru sekali deh pokoknya !

0 comment

leave yout comment here :)