Belajar Matahari

LK Zubair
LK Hansa


Kelas dua sedang belajar tentang matahari. Kita akan membahas tentang bayangan dan manfaatnya. Walaupun bahasannya ringan, anak-anak dengan keingintahuan besar seperti mereka tak pernah merasa cukup dengan penjelasan ringan tentang matahari. Ada waktu dimana anak-anak berdebat tentang "Matahari : Planet atau Bintang" atau bahasan seperti seberapa jauh jarak bumi dari matahari, keberadaannya yang super dan akan membunuh seluruh peradaban jika sehari saja dihilangkan oleh Tuhan. Gosh, rasanya saya selalu harus belajar banyak untuk mengajari mereka.

There's a thing : saya ga pernah malu untuk bilang tidak tahu, ketika muncul pertanyaan yang sudah agak berat saya akan jujur berkata kalau "Bu Asri ga tau, nanti kita cari tahu sama-sama ya !" but that words is never enough. Mereka akan menggunakan jurus pamungkas, "Paki hape dong bu, cari di internet sekarang". Kadang saya menyannggupi, kita googling bareng dan saya akan membacakan hasil pencarian yang terpercaya dengan keras didepan kelas. They like it, merasa kebutuhan akan pengetahuanny tercukupi, dan saya juga suka sekali sikap mereka menghargai gurunya yang banyak ga taunya ini

Anak-anak tidak pernah meledek atau sekedar bilang "ah ibu masa ga tau" ketika saya tidak mampu menjawab pertanyaan mereka. Penghormatan tersebut mungkin kecil dan sepele bagi orang lain. But not for me. I'm a proud teacher. Bukan karena saya dihargai, tapi karena mereka mampu menghargai orang lain yang tidak tahu, dan walaupun mereka selalu tidak sabaran menunngu jawaban dari tiap pertanyaan, mereka akan selalu menerima jika ternyata saya tidak bisa saat itu juga mencari jawaban atas tanya mereka. 

Hal-hal seperti ini seringkali terlewat, tak tercatat. Masa dimana saya merasa kecil karena saya secara tidak sadar justru beberapa kali meremehkan orang lain yang tidak tahu dan tidak mau mencari tahu. But hey ! Bukankah saya sering berkata bahwa dikelas, saya adalah yang paling banyak belajar dari mereka ?

Ah, Rabu besok kita akan belajar ke Puspa Iptek Kota Baru Parahiyangan. Harusnya saya tidur cukup agar besok semangat dikelas, tapi siklus tidur saya kembali lagi ke jam gadang, otak saya rasanya baru on ketika diajak bekerjasama di jam-jam ini ! dan lihat, bukannya menyiapkan Lembar Kerja untuk besok, saya justru menulis di blog ! haha. 

0 comment

leave yout comment here :)