Bintang Jatuh


15 Januari 2016 mungkin akan menjadi hari yang tak pernah saya lupakan dalam hidup saya. Hari Minggu, selepas membantu dekorasi PAUD yang akan dibuka besok di Desa, saya mengurung diri di kamar mempersiapkan diri untuk mengajar besok. Selepas isya, anak-anak datang memanggil saya.
“Bu Asri, ada banyak bintang!” seru salah satu dari mereka.

Saya segera menyimpan seluruh pekerjaan saya. Saya tinggalkan semuanya dan mengambil ponsel untuk memindai bintang lewat aplikasi sky maps dan star tracker. Benar sekali, langit hari ini sangat indah, ada banyak sekali bintang di langit. Saya sekarang mulai bisa menemukan rasi bintang orion tanpa bantuan aplikasi, saya langsung menemukan sabuk orion yang ditandai dengan tiga bintang yang berjajar rapi di langit.

Namun tahukah teman apa yang membuat malam ini tak akan mungkin saya lupakan ?
Ketika saya dan anak-anak mempelajari rasi bintang canis major yang ditandai dengan Sirius, bintang palling terang di langit, tiba-tiba sebuah bintang bergerak turun secara perlahan. Yap, BINTANG JATUH !! dan saya menyaksikan dengan takjub bersama anak-anak. Itu untuk pertama kalinya dalam hidup saya , saya melihat bintang jatuh. Saking takjubnya, saya melupakan ritual khas ketika orang-orang memandang bintang jatuh. Make a wish, saya terus memandang bintang itu hingga ia menghilang dari permukaan langit.

Takjub.

Rasanya banyak sekali hal baru yang saya temui sejak berada di Desa Ampera. Namun hal baru yang satu ini membuat saya takjub pada kekuasaan Allah. Sungguh besar kekuasaannya dan sungguh kita sebenarnya tak ada apa-apanya.

Melihat bintang-bintang di Ampera juga membuat saya ingin lebih mempelajari tentang astronomi. Saya ingin mempelajari lebih jauh tentang rasi bintang, bintang, planet dan beragam fenomena yang terjadi di langit. Ah, saya berkesempatan melihat tiga planet ketika berada di Ampera. Mars, Venus dan Jupiter.


Rasanya beruntung sekali di tempatkan disini. Saya jadi belajar hal baru, beruntung juga karena anak-anak sama semangatnya dengan saya ketika mempelajari bintang dan rasinya. 

0 comment

leave yout comment here :)