Wisata Buku Cirebon #1: Rumah Rengganis


Akhir pekan lalu, saya dan keluarga berkunjung ke keluarga kami yang ada di Cirebon. Mumpung di Cirebon, saya menyempatkan main ke rumah buku dan kopi yang beberapa kali dikunjungi teman-teman bookstagram: Rumah Rengganis.

Rumah Rengganis terletak di Jl. Lap. Udara Jl. Penggung Selatan No.30, Kalijaga, Kec. Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat 45144 (google maps). Kalau kamu naik mobil dari luar kota, berkunjung ke Rumah Rengganis cukup mudah aksesnya, tidak sampai 10 menit dari pintu tol Ciperna. 

Di Rumah Rengganis, kamu bisa membaca koleksi buku mereka secara gratis, koleksinya menarik sekali. Sayangnya saya tidak bisa singgah terlalu lama. Hanya bisa mampir 15 menit saja, jadi saya skip bagian membaca koleksi buku mereka. Saya memilih buku untuk dibawa pulang dan mencoba kopi di Rumah Rengganis. 



Koleksi bukunya kebanyakan berasal dari penerbit besar namun saya rasa telah dikurasi oleh pengelola, kebanyakan buku disini adalah buku puisi, fiksi sastra dan sastra dunia. Ada juga buku fiksi populer namun tak sebanyak genre lain yang saya sebutkan tadi. Sekilas saya lihat ada juga buku yang sepertinya ditulis oleh sastrawan asli Cirebon dan diterbitkan secara Independen, tapi karena waktu yang tak terlalu banyak tadi :') (sedih), saya tidak sempat melihat lebih detail. 

Ketika saya berada di Rumah Rengganis, kondisinya cukup ramai, sepertinya memang banyak orang-orang yang sering ngumpul, ngobrol dan ngopi di sini. Tak kalah menarik, sedang ada taping video yang mengulas buku juga. Sepertinya Rumah Rengganis cukup sering memuat konten perbukuan di akun sosial medianya. Kamu bisa cek Instagramnya di sini:

--


Nah, saya juga sempat membuat video singkat pengalaman di Rumah Rengganis yang bisa kamu cek di sini ya!
 

Kalau kamu sedang mampir ke Cirebon dan ingin melakukan wisata buku, Rumah Rengganis bisa jadi salah satu opsi untuk didatangi! 



0 comments

leave yout comment here :)