Chak Phra / Lark Phra

Songkhla Diary No. 6
Ini latepost, harusnya dari minggu kemarin saya posting. :P
The Monks
Jadi ceritanya usai ritual pergantian kain di Tang Kuan Hill, esoknya ada festival Lark Phra/Chak Phra. Saya beruntung sekali karena festival ini hanya berlangsung setahun sekali di Songkhla, tepatnya di sekitar Tang Kuan Hill, festival ini seharian penuh loh. Dari pagi, para penganut agama Budha sudah berkumpul disekitaran Tang Kuan, biksu-biksu akan turun dari sana. Mereka memberikan makanan dan uang kepada biksu-biksu tersebut setelah selesai berdoa. Saya tak banyak mendapat informasi tentang filosofi dan sebagainya dari kegiatan dipagi ini, yang jelas ini ritual yang tak kalah sakral karena sepertinya biksu senior yang memimpin doa. Saya sendiri berangkat naik sepeda pagi sekali dari dorm.
Thailand traditional dancer
Suuai mai ?

Awalnya saya dapat tempat yang sangat jauh dari pusat ritual, orang sudah berkumpul lebih awal, ramai sekali. Tapi kemudian ada seorang ibu yang menunjuk-nunjuk supaya saya mendekat, jalan saja, mungkin begitu katanya. Ia berbicara dalam bahasa Thailand. Saya 'so' berani, berjalan ditengah-tengah jalan kosong dan menuju ke kumpulan orang yang juga sedang sibuk mengambil gambar. Dan lagi, semua orang memandang ke arah saya dengan tatapan aneh hhe, saya pakai jilbab dan ada ditengah-tengah acara para budhis.
The Monks in Lark Phra Festival
Tapi pandangan itu jadi tak ada artinya setelah menyaksikan para biksu turun dari tangga naga, semua orang ikut sibuk dan kerumunan di depan tangga yang ingin mengambil gambar makin banyak saja. Para biksu ini berkeliling mengambil makanan yang telah disiapkan masyarakat budha.
Arak-arakan Budha Boat
(ceritanya) Ikut mendorong Perahu Budha
Di siang hari, festival berlanjut dengan arak-arakan Budha Boat dari tiap wat di seluruh daerah di selatan Thailand. Diiringi dengan iringan kebudayaan Thailand yang sangat mirip dengan Indonesia. Mulai dari becak, penari tradisional, ibu-ibu pembawa bakul. yang beda mungkin Ladyboy ya :D
OK, ini skandal rahasia Windy dan para Ladyboy :P
Perahu-perahu ini berhenti di depan alun-alun, malammnya akan ada konser ditambah show time kolam di tengah alun-alun yang menampilkan air mancur dengan beragam warna.
Rasanya saya sedang ikut program culture exchange dan ditunjukkan semua ragam kebudayaan Thailand pada festival ini. Pemerintah Thailand memang sangat serius membangun pariwisata di daerahnya. Acara ini tentu saja dihadiri oleh seluruh warga kota, bahkan turis dari luar kota dan mancanegara.

Thai Ontel :P
O.O

:)



Mirip penari jawa ya ?

a Lady BOY !
Ngomong-ngomong di edisi ini banyak sekali foto narsis :) tak tahan untuk tak ikut berfoto bersama mereka :D

0 comment

leave yout comment here :)