Rumah Baru Andi dan Kaki Seribu di rumah Zubair

Saya kira saya datang terlambat ke sekolah, gara-gara memakai patokan jam berangkat kemarin, Alhamdulillah macet parah hanya terjadi hari senin saja. Tadi jalanan sedikit lebih lancar. 
Hari ini kami mulai belajar, tema kami yang pertama adalah Lingkungan Rumah.

Setelah berdoa, mengulang surat at-takasur, silent reading dan mengaji di awal, anak-anak memulai hari dengan membuat profil di buletin board di kanan kelas, isinya foto dan tiga lembar sticky notes berisi nama, hobi dan cita-cita mereka. 

Profil
Di Session 1, lembar kerja pertama yang saya berikan kepada anak adalah Rumah Baru Andi, cerita tentang Andi yang baru pindah rumah, anak-anak bergantian membaca nyaring tiap barisnya dan anak yang lain mendengarkan. Dalam cerita tersebut terdapat ciri-ciri rumah baru Andi, warna pintu, jendela, tembok dan atapnya. Anak diminta untuk mewarnai rumah tersebut sesuai cerita. Cerita Andi juga sekaligus membahas binatang yang dapat dijumpai di dekat rumah, nantinya bahasan ini akan berlanjut ke pembelajaran di session 2.

Rumah Baru Andi | Session 1

Well, Andi have a new red door.

Rio 'Jundi'

Rumah Baru Andi
Setelah session 1 selesai, anak-anak istirahat, makan snack dan kami kembali ke kelas membahas binatang-binatang yang sering mereka temui di dekat rumah mereka. Kebanyakan anak sering menemui juga apa yang teman-temannya temui. Ada Kucing, burung, kupu-kupu, sapi, kodok, belalang, nyamuk, ikan, dan binatang lainnya. Jawaban yang lumayan mengejutkan datang dari Zubair yang menyebutkan sering melihat kaki seribu. Anak-anak jadi penasaran dan kami membahas sedikit tentang serangga-serangga yang sering ditemui juga yang jarang tapi perlu diketahui apa yang dilakukan jika binatang tersebut ditemui dirumah.

Ketika membahas kaki seribu di rumah Zubair, beberapa teman-temannya angkat bicara mengenai cara mengusirnya, ketika ada yang bilang disiram air, ada yang balas bilang kalau kaki seribu tidak akan mati dan masih tetap berbahaya. Cara yang ampuh adalah disiram air panas atau ditaburi garam. Waah, ternyata anak-anak sudah mengerti caranya. :) 

Saya kemudian memasang 4 poster binatang-binatang, ada binatang jinak, macam-macam ikan, macam-macam burung dan serangga. Anak-anak saya minta untuk membuat gambar binatang yang sering mereka temui di rumah, lalu menuliskan ciri-cirinya yang mereka tahu. 

Beberapa anak memilih serangga seperti kupu-kupu dan capung, sisanya ada juga yang menulis tentang kucing dan ikan. 

Makan Siang
Oh iya, jadwal makan siang di tahun ajaran ini digeser, dari sebelum dzuhur menjadi setelah dzuhur. Kemarin kami di keals masih mengikuti jadwal lama, akibatnya banyak yang terlambat sholat dzuhur. Hari ini aturannya sudah mulai diterapkan di semua kelas :)

Hari ini saya juga menitipkan surat kepada orang tua siswa, semoga besok saya sudah bisa memiliki data singkat semua anak-anak. 
Besok kami semua akan berolahraga :D dikelas rencananya pembelajaran masih akan membahas binatang yang sering ditemui dirumah, dan lebih spesifik : Burung, ditambah mengurutkan angka untuk mengingat kembali pelajaran berhitung di kelas 1 sebelum mulai mengenalkan materi baru.

Semangat untuk besok :) 
"with the new day comes new strength and new thoughts." -- Eleanor Roosevelt

Bu Asri

0 comment

leave yout comment here :)