Tanahku Indonesia, Kupegang Erat-erat

Difoto Pak Nyoman
Saya selalu merasa senang tiap mampir atau main atau menginap di desa penempatan Bu Iin di Masama. Selain pemandangan perjalanan yang sangat indah, keluarga hostfam yang sangat menyenangkan, Bu In juga dianugerahi anak-anak yang selalu ramah menerima orang baru.

Sabtu, 16 September 2017 lalu Pengajar Muda Kab. Banggai dan beberapa penggerak pendidikan di Kabupaten Banggai datang ke Desa Tompotika Makmur untuk mengadakan Kegiatan Belajar dan Bermain. 

Kegiatan ini mengadopsi kegiatan yang kami lakukan ketika berada di Camp Pelatihan Indonesia Mengajar lalu. Kami membagi diri kedalam enam pos, mulai dari pos budaya lokal, pos keliling nusantara, pos bermain angka, pos merangkai kata, pos eksperimen hingga pos Badan Sehat Badan Kuat. 

Saya dan anak-anak TU

KBB merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka IM Minsule atau IM pamit (dalam bahasa Saluan). Mengingat waktu kepulangan kami tinggal menunggu minggu (10 Minggu lagi tepatnya) sekaligus ajang safari ke desa sambil melakukan kegiatan yang harapannya bisa diadopsi kembali oleh penggerak yang ikut kegiatan kami.

Bu Indah di Laboratorium dadakan
Anak-anak di Pos Bermain Angka
Pak Timor dan Pak Nyoman memimpin senam
Buat saya pribadi, kegiatan ini menyenangkan sekali dilakukan karena kita bisa mengenalkan metode pembelajaran yang kreatif bagi guru sekaligus ajang untuk kenalan sama anak-anak di sekolah teman-teman lain yang biasanya hanya kita dengar lewat cerita. 

Oh iya, di Rumah Bu In, kami juga merecoki lemari Pak Nyoman dan Bu Made, teman-teman sibuk memilih baju bali yang ingin mereka kenakan di hari KBB, hasilnya mantapss sih, seperti halnya orang bali yang selalu terlihat berkarisma ketika mengenakan pakaian adatnya, merekapun demikian. :P 

Pak Hari pakai baju bali

Masih ada 7 Sekolah penempatan yang akan kami datangi. Kalau kamu kebetulan tinggal di Luwuk atau Kab. Banggai dan sekitarnya, tertarik untuk bergabung. Hubungi saya atau teman-teman Pengajar Muda Banggai ya. Email me at asrisudarmiyanti@gmail.com. :)

2 comment

  1. sukaaaaaaa! Apalagi judulnya, Tanahku Indonesia, kupegang erat erat....

    BalasHapus

leave yout comment here :)