Jadi Ibu Bekerja [fase banyak dukanya]


Biasanya saya selalu menyempatkan diri menulis di penghujung tahun. Tapi tahun ini  lalu rasanya sangat melelahkan. Ada begitu banyak hal yang terjadi sampai rasanya semuanya tumpah-tumpah. Emosi, kenangan, pencapaian, dan harapan untuk 2023. 

Pada akhirnya resolusi saya di 2023 tidak banyak. Selain resolusi finansial agar bisa lebih disiplin menabung dana darurat dan dana pendidikan Rana dan sedikit keinginan menabung agar bisa membangun rumah sendiri, saya hanya ingin menjalani 2023 dengan tidak terlalu stress

Pekerjaan dengan load yang agak ketat sepertinya bikin saya agak stress tahun lalu. Ada rasa bersalah karena merasa mengabaikan anak (yang pada akhirnya terbantu dengan keputusan memasukkan anak ke daycare--dan Rana terlihat menikmati kesehariannya disana), namun tak mengurangi sedikit banyak perasaan dan keinginan untuk bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan Rana. 

Mungkin rasa bersalah ini juga datang karena saya mendadak dapat banyak tugas ke luar kota, hampir setiap pekan atau sekali dalam dua pekan, kadang intensitasnya meninggalkan semalam saja, tapi pernah sampai empat malam. Kalau sedang bekerja jauh dari Rana, saya mencoba tetap fokus kerja, karena kepikiran Rana pun gak bikin kerjaan saya selesai serta gak bikin saya bisa memeluk Rana saat itu juga. 

Saya gak tahu apakah perasaan yang sama juga dirasakan oleh Mas Har ketika meninggalkan Rana. Tapi sepertinya iya. Waktu harus bertugas keluar kota selama seminggu lebih, tiap sore atau malam ia pasti video call Rana. Bedanya saya tidak bisa melakukan itu, karena pernah dicoba dan tiap lihat saya di handphone Rana langsung menangis. 

Perasaan bersalah seperti ini makin sering sekali menghantui saya kalau saya sedang tidak terlalu menikmati pekerjaan saya. Sepadan tidak ya, apa yang saya dapatkan baik dari sisi pengembangan diri, karier dan pendapatan dengan jarak yang ada ketika meninggalkan Rana. Disisi lain, saya juga lebih sering menikmati daripada tidak menikmati, bekerja 9 to 5. 

Huaaah, begitulah cerita tahun baru dari seorang Ibu beranak satu yang sedang ingin curhat saja tentang suka dan duka menjadi Ibu bekerja. Bagaimanapun juga saya merasa bisa mengenal diri saya, dan saya tahu saya akan lebih stress ketika tidak bekerja dibanding ketika bekerja, jadi yaa sudah dijalani saja yaa, Bu Asri. 

Semangat Ibu atau calon Ibu yang bekerja maupun tidak bekerja, semoga jalan apapun yang kita pilih diridhoi Allah dan jadi keputusan yang terbaik. 

0 comments

leave yout comment here :)