Bersama Buku dan Biru

The Fault in Our Stars - John Green
Adakah dari kalian yang menyukai warna biru ? Saya sendiri bukan penggemar warna ini, tapi bukan berarti saya tidak suka melihat warna ini, laut berwarna biru merupakan salah satu pemandangan terbaik, dimanapun saya melihat laut yang birunya membaur dengan awan dan langit, hati rasanya damai sekali. Meskipun begitu warna favorit saya adalah merah.

Salah seorang sahabat saya adalah pengagum warna biru dan hari ini, Sabtu yang sebenarnya tidak kelabu namun karena hingga tengah hari saya masih asyik leyeh leyeh belum mandi saya mencoba mencari model-model berwarna biru didalam rumah, ternyata barang-barang saya cukup banyak yang berwarna biru, saya pun melirik rak buku dan buku-buku lain yang bertebaran acak dilantai atas, ternyata koleksi buku berwarna kalem ini fotogenic sekali.

Blue Blue Blue with 2 blue postcards by Keri Smith

Sayapun mencari beberapa fakta warna biru di Internet, turn out warna ini memang mampu membuat tubuh kita mengeluarkan rasa tenang, calming. Saking kalemnya, sebuah riset menunjukkan bahwa anak-anak yang sakit lebih memilih untuk ditangani oleh perawat atau orang-orang yang menggunakan pakaian berwarna biru.

Ada fakta unik tentang warna biru loh, kalian tau jejaring sosial dengan pengguna paling banyak di Dunia ? Yap, Facebook menggunakan logo berwarna biru namun bukan karena pertimbangan psikologi (walaupun biru ternyata memang identik dengan perusahaan teknologi dan healthcare), ternyata Mark Zuckerberg memilih warna biru karena biru adalah warna terkaya dimata Mark, Mark ternyata buta warna merah dan hijau.





My forever favorite book (series) ever : Harry Potter
Fakta lain tentang biru yang saya suka adalah fakta dari beragam negara tentang makna warna ini, berikut diantaranya :

Iran : di Iran, biru, biru kehijauan dan hijau adalah warna yang melambangkan surga.
India : Mungkin beberapa dari kalian sering melihat gambar Krisna dengan tubuh berwarna biru.
Mexico : Biru merupakan lambang berduka
Aztec : Suku Aztec percaya bahwa biru adalah lambang warna untuk pengorbanan
Yunani : Biru dianggap bisa melindungi diri dari "the evil eye", karenanya mereka yang percaya mitos ini melindungi diri dengan menggunakan kalung atau gelang berwarna biru.

Saya tak mengira ada negara yang menjadikan biru sebagai lambang berduka, pantaslah sebuah quotes muncul ketika saya mencari fakta tentang warna ini di mesin pencari, bunyinya 

Blue is known as a sad colour, but when I see the ocean, all my sorrow is washed away
Saya sendiri selalu mengasosiakan biru dengan laut dan langit. Melihatnya selalu membuat perasaan kita menjadi sangat damai. 

Most of them are fiction

Oh iya fakta dan mitos tentang warna biru saya ambil dari sini yaa, silahkan baca juga fakta lain tentang warna biru :)

2 comment

  1. Thanks infonya bu..warna favorit saya nih,hehe...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

leave yout comment here :)